kehamilan

14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Oct 2019 18:15 WIB
14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari
Jakarta - Kehamilan menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak wanita. Namun, enggak jarang beberapa dari mereka tidak mengetahui dirinya hamil, Bun. Sebabnya, ciri-ciri hamil 1 bulan sering enggak disadari dan kerap dihubungkan dengan kondisi kesehatan lainnya.

Perubahan tubuh yang dialami dan gejala fisik lainnya sering banget diasosiasikan dengan gangguan kesehatan. Misalnya, telat haid yang dikaitkan dengan stres, mual dan muntah yang dikaitkan dengan masuk angin atau salah makan, atau kelelahan yang dikaitkan dengan aktivitas fisik yang padat.

Cara paling mudah untuk tahu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama misalnya, bisa dengan jeli memperhatikan kondisi dan perubahan tubuh yang berlangsung terus-menerus. Bukan enggak mungkin Bunda menyadari ciri-ciri hamil 2 minggu misalnya. Sebab, beberapa perubahan tubuh dan psikologi kadang membuat wanita tidak nyaman. Tapi, ketika Bunda terlalu sibuk bisa saja lebih abai pada perubahan yang dialami.


"Perubahan tubuh dan beberapa masalah yang mengikutinya memang seringkali membuat ibu hamil tidak nyaman. Namun, Bunda enggak perlu khawatir. Itu lumrah terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan," kata Rusmalia B. Salman dalam bukunya berjudul 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil.

Mengutip Today's Parent, berikut 13 ciri-ciri hamil satu bulan yang patut Bunda sadari.

1. Kram dan timbul bercak

Mulai usia kehamilan 1 sampai 4 minggu, kram dan timbul bercak darah bisa muncul. Nah, seringnya kondisi ini dianggap sebagai gejala Bunda sedang haid. Seperti kita tahu, kontraksi rahim saat darah haid akan keluar bakal bikin perut kram.

Ditambah, adanya bercak darah kerap dianggap tetesan darah haid di hari-hari awal. Padahal, tanpa disadari itu ciri-ciri hamil Bunda sedang hamil muda. Kenapa ada bercak darah yang sering keliru dianggap darah haid? Jadi Bunda, sel telur yang dibuahi akan menciptakan blastocyst. Ini merupakan sel-sel berisi cairan yang akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

Bila Bunda merasakan perut kram plus timbul bercak darah, apalagi sudah telat haid, ada baiknya cek ke dokter. Hindari penggunaan obat tertentu, minum alkohol, dan merokok. Ketiganya dihubungkan dengan pendarahan hebat.

2. Payudara bengkak

Ini adalah salah satu tanda paling umum di awal kehamilan. Payudara terisi untuk mempersiapkan ASI ketika Bunda menyusui setelah melahirkan. Selain bengkak, payudra menjadi sangat lunak dan sensitif. Sayangnya, salah satu tanda jelang haid adalah payudara yang bengkak bahkan nyeri.

Sehingga, beberapa perempuan sering menganggap dia akan haid. Padahal, payudaranya membengkak karena sedang ada janin di rahim. "Tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika menggunakan pil KB," ujar ahli laktasi, Teresa Pitman.

14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari/ Foto: thinkstock
3. Aerola menghitam

Bagi beberapa wanita, perubahan hormon saat hamil bisa menyebabkan daerah puting susu atau aerola menghitam lebih lebar. Ini terjadi karena respons tubuh untuk mempersiapkan produksi ASI ketika Bunda menyusui setelah melahirkan si kecil nantinya. Jadi, jangan panik kalau perlahan aerola terlihat lebih hitam dari biasanya ya, Bunda.

4. Sering buang air kecil dan konstipasi

Saat hamil, rahim akan menekan kandung kemih yang bisa membuat Bunda beser atau lebih sering buang air kecil. Seringnya, beser dikaitkan dengan kondisi banyak minum atau udara yang dingin. Selain itu, tekanan dan perubahan pada usus juga bisa menyebabkan sembelit. Nah, sembelit ini bisa saja dikira adanya gangguan pencernaan yang membuat Bunda susah buang air besar (BAB). Padahal, itu adalah ciri-ciri hamil 1 bulan.

5. Kelelahan

Faktanya, kelelahan adalah salah satu tanda kehamilan di minggu-minggu pertama. Sebab, butuh banyak energi untuk menjaga janin agar tetap aman. Tapi lagi-lagi, karena enggak ngeh, perempuan bisa mengira dia kelelahan karena aktivitas fisik yang padat.

6. Merasa mual

Mual bisa disebabkan meningkatnya hormon kehamilan atau Human chorionic gonadotropin (hCG). Sekitar 80 persen wanita merasakan morning sickness di awal kehamilan. Ketika wanita enggak ngeh yang dia alami ciri-ciri hamil, masuk angin atau kelelahan pun bisa dikira penyebab mual yang kadang disertai muntah. Maka dari itu, jika Bunda sering merasa mual dan muntah selama berhari-hari, baiknya segera cek ke dokter guna memastikan penyebabnya. Apakah gangguan pencernaan atau tanda hamil.



7. Indra penciuman sensitif

Banyak wanita merasa punya indra penciuman yang sensitif selama hamil. Makanya, sering kita lihat kan, Bun, tiba-tiba beberapa perempuan sensitif banget dengan bau parfum atau makanan tertentu. Nah, beberapa peneliti berspekulasi kalau ibu hamil baiknya menghindari makanan yang berbau menyengat supaya rasa tidak nyaman ibu bisa berkurang.

8. Sering bermimpi

Selama hamil, intensitas mimpi wanita meningkat. Jika mimpi yang dialami lebih 'dramatis', bisa jadi ini tanda kehamilan. Mimpi saat hamil juga dikaitkan dengan perasaan si wanita. Akibat perubahan hormon, kadang mimpi ibu hamil amat terasa nyata. Makanya, beberapa ibu hamil mengaku bisa mudah mengingat mimpinya yang sering dialami dengan lebih jelas.

9. Ada rasa logam di mulut

Rasa logam di mulut sering dirasakan beberapa ibu hamil. Sampai sekarang, belum ada penjelasan ilmiah tentang gejala ini. Untuk meredakan gejala ini, baiknya Bunda mengonsumsi air es atau makanan manis untuk meredam mulut berasa logam. Umumnya, mulut rasa logam ini berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari14 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Sering Tidak Disadari/ Foto: thinkstock
Ciri-ciri Hamil Mirip PMS

10. Perubahan mood

Perubahan mood adalah perubahan emosi yang terjadi selama kehamilan. Ini wajar terjadi ya, Bun. Sebab, hormon yang berfluktuasi juga berpengaruh pada kondisi psikologis ibu hamil. Nah, perubahan mood kerap dikaitkan dengan PMS alias premenstual syndrome. Sehingga, lagi-lagi ibu hamil bisa keliru mengiranya sebagai PMS.

11. Pusing dan seperti ingin pingsan

Terjadinya perubahan hormon, ditambah detak jantung meningkat untuk memompa darah bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Ya, saat terbentuk embiro do rahim Bunda, sudah pasti lebih banyak darah dibutuhkan untuk tumbuh kembang embrio yang nantinya bakal jadi janin lalu bayi. Inilah alasan banyak ibu hamil sering merasa ingin pingsan di awal kehamilan yang didahului dengan rasa pusing berlebih.

12. Sakit kepala

Frekuensi migrain akan meningkat selama kehamilan. Banyak wanita mengalami sakit kepala hormonal di awal kehamilan. Namun, beberapa wanita yang diketahui ternyata hamil setelah melakukan pemeriksaan, melaporkan kalau migrain yang dialami saat hamil hilang jelang lahiran. Migrain bisa dirasakan ketika jumlah darah lebih banyak dialirkan ke tubuh, termasuk kepala hingga menimbulkan tekanan di kranial.

13. Sering merasa lapar



Tubuh ibu hamil butuh tambahan 200 kalori per hari di awal kehamilan. Makanya, enggak heran bila salah satu masalah ibu hamil yakni merasa mudah lapar. Lagi-lagi, meningkatnya nafsu makan bisa dikaitkan dengan PMS atau premenstrual syndrome.

Saat ada janin di rahim, karena kerja sama berbagi kelenjar dan organ, otak memerintahkan tubuh untuk mengaktifkan hormon lapar karena makanan yang dikonsumsi ibu turut dialirkan ke janin.

14. Terlambat haid

Terlambat haid bisa jadi indikator kehamilan, meski tidak selalu berarti sudah ada janin di tubuh Bunda. Stres dan diet bisa jadi penyebab terlambat haid, Bun.

Simak juga cara menghitung usia kehamilan di videp berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi