sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Buah Leci dan Bahayanya Bagi Bunda Hamil

Nanie Wardhani Senin, 06 Sep 2021 15:10 WIB
Leci caption

Ada banyak manfaat buah leci bagi kesehatan dan bagi Bunda hamil yang sedang membutuhkan banyak asupan nutrisi bagi tubuhnya dan janin yang sedang dikandungnya. Namun, terlepas dari banyaknya manfaat buah leci tersebut, ada baiknya Bunda hamil tidak mengonsumsi buah leci secara berlebihan karena dapat berakibat buruk juga lho bagi kehamilan Bunda.

Apa saja manfaat dan efek samping buah leci bagi Bunda hamil? 

Buah leci adalah salah satu buah yang banyak diminati, tidak hanya di Indonesia. Leci, juga dikenal sebagai lengkeng atau lichee - adalah buah tropis kecil dari keluarga soapberry. Buah populer lainnya dalam keluarga ini termasuk rambutan dan lengkeng.

Leci ditanam di daerah subtropis di seluruh dunia dan sangat populer di negara asalnya Cina, serta Asia Tenggara. Leci dikenal karena rasanya yang manis dan beraroma bunga. Buah ini biasanya dimakan segar dan terkadang digunakan dalam es krim atau diolah menjadi jus, sherbert, jeli dan sebagainya.


Leci adalah sumber yang baik dari beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang sehat. Leci memiliki kulit yang tidak dapat dimakan, berwarna merah muda kemerahan, dan kasar, yang biasanya dibuang sebelum dikonsumsi. Dagingnya berwarna putih dan mengelilingi biji gelap di tengahnya.

Dilansir dari Healthline, buah leci memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya sebagai berikut.

Fakta nutrisi

Leci sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat - yang masing-masing membentuk 82 persen dan 16,5 persen dari buahnya. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) leci segar memberikan nutrisi berikut:

  • Kalori: 66
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 16,5 gram
  • Gula: 15,2 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram
LeciManfaat buah leci untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Karbohidrat dan Serat

Selain air, leci terutama terdiri dari karbohidrat. Satu buah leci — segar atau kering — mengandung 1,5–1,7 gram karbohidrat.

Sebagian besar karbohidrat dalam leci berasal dari gula, yang bertanggung jawab atas rasa manisnya. Leci relatif rendah serat.

Vitamin dan mineral

Leci adalah sumber yang baik untuk beberapa vitamin dan mineral, termasuk:

  • Vitamin C: Vitamin yang paling melimpah di leci. Satu buah leci menyediakan sekitar 9% dari Referensi Asupan Harian (RDI) untuk vitamin C.
  • Tembaga: Leci adalah sumber tembaga yang baik. Asupan tembaga yang tidak memadai mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.
  • Kalium: Nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan jantung saat dimakan dalam jumlah yang cukup. 

Senyawa Tumbuhan Lainnya

Seperti buah-buahan lainnya, leci merupakan sumber yang baik dari berbagai senyawa tanaman antioksidan.

Faktanya, leci telah dilaporkan mengandung tingkat polifenol antioksidan yang lebih tinggi daripada beberapa buah umum lainnya.

Antioksidan dalam buah leci antara lain:

  • Epicatechin: Flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker dan diabetes.
  • Rutin: Flavonoid yang dapat membantu melindungi dari penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. 

Oligonol

Oligonol adalah suplemen makanan yang sering disebutkan sehubungan dengan leci. Ini adalah campuran antioksidan (proanthocyanidins) yang dipatenkan yang berasal dari kulit leci dan teh hijau, yang dikembangkan oleh Amino Up Chemical Corporation di Jepang. Antioksidan secara kimiawi diubah untuk meningkatkan penyerapannya dari usus Bunda. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Oligonol dapat mengurangi lemak perut, kelelahan, dan peradangan setelah berolahraga. Namun, karena tidak ditemukan secara alami dalam buah leci, efek kesehatannya tidak berlaku untuk leci.

Bagi Bunda hamil, sebaiknya menjaga agar tidak mengonsumsi buah leci dalam jumlah banyak, karena bisa memberikan efek buruk bagi kehamilan Bunda. Apa saja efek buruk buah leci bagi Bunda hamil yang perlu Bunda ketahui? Simak info lengkapnya seperti dilansir dari Parenting First Cry berikut ini, Bunda.

1. Meningkatkan Panas dalam Tubuh

Makan terlalu banyak buah leci selama kehamilan dapat meningkatkan panas dalam tubuh Bunda yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada kehamilan.

2. Perdarahan

Makan terlalu banyak buah leci dipercaya dapat menyebabkan pendarahan selama kehamilan.

3. Diabetes

Buah leci juga meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan perkembangan diabetes selama kehamilan.

4. Lahir mati

Lahir mati juga merupakan efek samping dari makan terlalu banyak buah leci selama kehamilan. Bayi dapat tertular infeksi tertentu jika Bunda makan buah leci terlalu banyak, oleh karena itu sebaiknya dihindari.

5. Alergi

Mengonsumsi buah leci dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan berbagai alergi seperti gatal, pembengkakan bibir, gatal-gatal, dll.

Demikian berbagai manfaat buah leci bagi Bunda hamil serta efek sampingnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jika Bunda sedang hamil dan ingin makan buah leci, sebaiknya jangan terlalu banyak ya, Bunda, agar aman dari kemungkinan terjadi efek samping seperti yang disebutkan di atas. 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!