sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Bunda Hamil dan Porsi Aman Konsumsinya

Kinan Jumat, 28 May 2021 13:00 WIB
Having breakfast at home caption

Konsumsi buah-buahan menjadi sangat penting saat hamil, termasuk buah kelengkeng. Memiliki segudang nutrisi, apa saja manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan bunda hamil?

Dikutip dari Web MD, kelengkeng atau longan merupakan jenis buah yang mirip leci. Buahnya bulat seukuran buah anggur besar. Rasa dan teksturnya juga mirip anggur.

Buah kelengkeng dijual di pasaran dalam berbagai variasi. Ada yang segar, ada pula yang dikemas kalengan dan dilengkapi dengan air sirup gulanya. Bunda suka mengonsumsi buah kelengkeng?


Kandungan nutrisi buah kelengkeng

Kelengkeng mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Buah ini juga merupakan sumber alami vitamin C, kalium dan riboflavon (vitamin B2).

Selain itu, buah kelengkeng memiliki sejumlah kecil vitamin B1, vitamin B3, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, zinc, karbohidrat, protein dan serat.

Manfaat buah kelengkeng untuk kehamilan

Seperti disebutkan sebelumnya, buah kelengkeng kaya akan vitamin C. Ini merupakan salah satu alasan mengapa buah kelengkeng baik dikonsumsi bunda hamil.

Apa saja ya manfaat buah kelengkeng untuk kehamilan? Berikut ulasannya:

1. Menjaga kesehatan kulit, gigi dan gusi

Dikenal juga sebagai asam askorbat, vitamin C sangat penting untuk membantu tubuh membuat kolagen.

Kolagen merupakan bagian dari otot, tulang rawan, kulit, tulang, dan hampir setiap bagian tubuh lainnya. Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng juga dapat menjaga kesehatan kulit, gigi dan gusi bunda hamil.

2. Membantu mengendalikan tekanan darah

Kelengkeng mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Banyak ahli gizi menganggap kalium sebagai nutrisi yang kurang dikonsumsi, padahal memiliki peran penting.

Mereka yang cukup mendapatkan asupan kalium memiliki risiko stroke dan masalah tekanan darah yang lebih rendah.

3. Sumber vitamin alami

Menurut para ilmuwan, kandungan vitamin C jumlah tinggi dalam buah kelengkeng dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bunda hamil. Sistem kekebalan yang baik akan membantu mencegah berbagai penyakit selama kehamilan. 

4. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat buah kelengkeng lainnya untuk kehamilan yakni menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pada trimester pertama, bunda hamil rentan mengalami mual muntah atau morning sickness.

Gejala masalah pencernaan lainnya yang mungkin timbul selama kehamilan adalah diare, susah buang air besar (sembelit), atau bahkan kembung. 

Buah kelengkeng yang memiliki nilai gizi dan komposisi serat tinggi pun diyakini dapat mengatasi gejala-gejala tersebut selama kehamilan.

Kandungan protein dan lemak nabati pada buah kelengkeng bisa membantu merangsang proses metabolisme dalam tubuh.

5. Merangsang nafsu makan bunda hamil

Saat hamil, Bunda mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Akibatnya, terjadi penurunan stamina dan sulit melakukan rutinitas sehari-hari.

Dikutip dari Dr Health Benefits, manfaat buah kelengkeng saat hamil akan membantu memulihkan stamina dan merangsang nafsu makan. Ini berkat kandungan glukosa dan sukrosa di dalamnya.

Selain itu, mengonsumsi buah kelengkeng dapat membantu menyembuhkan kesulitan tidur (insomnia) dan mengurangi rasa cemas berlebihan saat hamil. 

6. Sumber kalsium yang baik 

Buah kelengkeng juga mengandung berbagai zat mineral termasuk kalsium. Dalam sebuah studi tahun 2013, disebutkan bahwa buah kelengkeng dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita dewasa.

Hal ini disebabkan buah kelengkeng mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Mineral ini akan membantu menjaga kesehatan tulang Bunda dan pembentukan struktur tulang bayi.

7. Meningkatkan metabolisme selama kehamilan

Metabolisme yang baik akan menunjang proses tumbuh kembang bayi dan melancarkan persalinan. Maka dari itu, jangan lupa konsumsi makanan bergizi, termasuk dari buah kelengkeng, serta asupan lainnya.

Rekomendasi porsi buah kelengkeng saat hamil

Meski memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat, hindari mengonsumsi buah kelengkeng berlebihan. Sebab buah relatif tinggi karbohidrat. 

Itu artinya konsumsi buah kelengkeng terlalu banyak justru bisa meningkatkan gula darah. 

Untuk mendapatkan nutrisi terbaiknya, pilih buah kelengkeng segar. Jika Bunda ingin mengonsumsi buah kelengkeng kalengan, hindari menggunakan seluruh kuah sirupnya karena berisiko meningkatkan gula darah secara cepat.

Demikian ulasan tentang ragam manfaat buah kelengkeng untuk bunda hamil. Jangan lupa tetap memperkaya asupan makanan bergizi setiap hari dengan memilih langkah yang tepat, ya.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi