sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui 5 Risiko Pasang IUD seperti Lesti Kejora, Benang Keluar hingga PMS Tak Teratur

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 30 Mar 2022 14:34 WIB
Lesti Kejora caption

Jakarta - Selebriti Lesti Kejora belum lama ini memutuskan pasang intrauterine device (IUD) untuk menunda kehamilan berikutnya, Bunda. Hal ini ia lakukan lantaran dirinya mengaku sudah cukup repot mengurus anak, pekerjaan, dan juga suami tercinta, Rizky Billar.

“Satu minggu setelah lahiran, tahu repotnya ngurus anak, kerja, bagi waktu sama Kakak, oke takut kecolongan, dedek harus di KB,” kata Lesti, dikutip dari kanal YouTube Rossa Official.

Walaupun awalnya tidak diizinkan oleh sang Suami, Lesti Kejora tetap memutuskan untuk pasang IUD. Setelah beberapa lama pasang IUD, Lesti bercerita bahwa saat ia melakukan pilates, lalu tanpa sengaja ia melihat bahwa benang IUD-nya keluar.


Hal tersebut membuat sang Suami panik dan segera memanggil dokter untuk mengatasinya. Setelah dokter datang, pedangdut berusia 22 tahun ini merasa lega karena benang IUD sudah dipotong.

Bunda, sebelum memasang IUD, lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja risiko yang akan Bunda alami setelah memasang IUD. Untuk membantu Bunda mengetahui apa saja risikonya, yuk simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa SansekertaBanner Nama Bayi Islami Bahasa Sansekerta/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

Apa itu IUD?

Intrauterine device (IUD) adalah perangkat plastik dan tembaga berbentuk T kecil yang dimasukkan ke rahim Bunda oleh dokter atau perawat. Proses dilakukan dengan melepaskan tembaga untuk menghentikan Bunda hamil dan mencegah kehamilan selama kurang lebih 5 sampai 10 tahun.

IUD juga sangat aman. Beberapa wanita memang memiliki efek samping, tetapi biasanya ringan. Masalah serius dari perangkat jarang terjadi. Efek samping dari alat kontrasepsi ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang tergantung pada jenis IUD yang dipasang dan riwayat kesehatannya.

Alat KB IUDIlustrasi Alat KB IUD/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mariakray

Risiko pemasangan IUD

Memahami risiko dan kemungkinan komplikasi dapat membantu Bunda membuat pilihan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin akan dialami Bunda saat memasang IUD:

1. Keluar dari rahim

Sekitar 1 dari 1.000 orang, IUD keluar dari rahim. Gerakan ini biasanya tidak menimbulkan komplikasi, meskipun dapat mengurangi efektivitas alat. Seorang dokter perlu mengeluarkan IUD yang telah dipindahkan.

2. Infeksi

Salah satu komplikasi paling serius yang dapat timbul karena IUD adalah infeksi. Infeksi IUD umumnya merupakan akibat dari proses pemasangan.

Melansir dari laman Comprehensive Women's Health Center, risiko infeksi sangat minimal, dan jika terjadi infeksi, dapat diobati tanpa perlu melepas IUD. Jika infeksi memang terjadi, itu dapat menyebabkan gangguan radang panggul.

3. Perforasi

Ini jarang terjadi, IUD dapat didorong melalui dinding rahim selama pemasangan, dan ini biasanya ditemukan dan diperbaiki segera. Jika tidak dilepas atau disesuaikan, IUD dapat berpindah ke bagian lain dari area panggul dan dapat merusak organ dalam. Pembedahan mungkin diperlukan untuk melepas IUD.

4. Kista ovarium

Sekitar 1 dari 10 wanita akan mendapatkan kantung berisi cairan ini di ovarium mereka pada tahun pertama setelah mereka memasang IUD. Kista biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 bulan.

5. Periode tidak teratur atau berat

Melansir dari laman Web MD, periode Bunda akan berubah setelah memasang IUD. IUD hormonal sering membuat menstruasi lebih ringan dan lebih pendek. Terkadang mereka menghentikan menstruasi sama sekali.

IUD tembaga dapat membuat menstruasi Bunda lebih berat selama beberapa bulan pertama. Beberapa wanita mengalami bercak atau pendarahan di antara periode. Siklus Bunda dapat kembali normal dalam waktu 6 bulan setelah Bunda memasang IUD.

Simak juga manfaat IUD hormonal dan tembaga, di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang KB metode IUD ternyata efektif hampir 100 persen lho Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT IUD HORMONAL DAN TEMBAGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!