sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Obat Penyubur Kandungan Alami untuk Bunda yang Sedang Program Hamil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 31 Mar 2022 16:20 WIB
Ilustrasi wanita makan atau diet caption

Masalah kesuburan adalah salah satu masalah utama yang menyebabkan pasangan suami istri mengalami kesulitan mendapatkan keturunan. Banyak pasangan mencoba berbagai cara untuk bisa memiliki anak.

Salah satu cara yang paling sering dicoba adalah dengan mengonsumsi obat penyubur kandungan. Ada banyak obat penyubur kandungan yang bisa Bunda dapatkan untuk membantu Ayah dan Bunda. Baik yang dijual bebas, maupun obat penyubur kandungan yang hanya bisa didapat dengan resep dokter.

Namun, sebelum mencoba mengonsumsi obat penyubur kandungan yang tentu saja mengandung banyak bahan kimia, mungkin ada baiknya jika Bunda dan Ayah coba dulu dengan berbagai perubahan gaya hidup yang disertai dengan mengonsumsi berbagai bahan makanan alami yang dipercaya dapat menjadi obat penyubur kandungan secara alami.


Obat penyubur kandungan alami

Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa rekomendasi tips dan obat penyubur kandungan alami yang bisa Bunda dapatkan dan lakukan dengan mudah:

1. Makan makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Mereka menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur. Makanan seperti buah-buahan , sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dikemas penuh dengan antioksidan bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein. 

Ilustrasi buah apel dan anggurIlustrasi obat penyubur kandungan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre

2. Hindari lemak trans

Makan lemak sehat setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan. Sementara lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya pada sensitivitas insulin.

Lemak trans umumnya ditemukan dalam minyak nabati terhidrogenasi dan biasanya terdapat dalam beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan, dan makanan yang dipanggang. 

3. Kurangi karbohidrat jika memiliki PCOS

Mengikuti rencana makan rendah karbohidrat umumnya direkomendasikan untuk wanita dengan PCOS. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengelola asupan karbohidrat memberikan efek menguntungkan pada beberapa aspek PCOS.

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kadar insulin, dan mendorong penurunan lemak, sambil membantu keteraturan menstruasi.

4. Makan lebih sedikit karbohidrat olahan

Bukan hanya jumlah karbohidrat yang penting, tetapi juga jenisnya. Karbohidrat olahan mungkin bermasalah. Karbohidrat olahan termasuk makanan dan minuman manis dan biji-bijian olahan, termasuk pasta putih, roti, dan nasi.

Karbohidrat ini diserap dengan sangat cepat, menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. Karbohidrat olahan juga memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi. Insulin secara kimiawi mirip dengan hormon ovarium. Hormon-hormon ini membantu telur kita matang.

Peningkatan insulin secara konsisten dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit hormon reproduksi karena dianggap tidak membutuhkannya. Ini dapat berkontribusi pada kurangnya pematangan sel telur dan ovulasi.

Mengingat PCOS dikaitkan dengan kadar insulin yang tinggi, karbohidrat olahan dapat memperburuknya.

5. Makan lebih banyak serat

Serat membantu tubuh membuang kelebihan hormon dan menjaga keseimbangan gula darah. Jenis serat tertentu dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Kelebihan estrogen kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai produk limbah.

Serat larut yang dimaksud adalah dari alpukat, ubi jalar, gandum, dan buah-buahan, dengan kadar estrogen dan progesteron yang lebih rendah. Serat larut dari buah terutama memiliki hubungan paling kuat dengan konsentrasi estrogen yang lebih rendah.

Young beautiful pregnant woman preparing healthy meal with fruites and vegetablesIlustrasi obat penyubur kandungan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn

6. Ganti sumber protein

Mengganti beberapa protein hewani (seperti daging, ikan, dan telur) dengan sumber protein nabati (seperti kacang-kacangan dan biji-bijian) dikaitkan dengan penurunan risiko infertilitas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika 5 persen dari total kalori berasal dari protein nabati daripada protein hewani, risiko infertilitas ovulasi menurun sebesar lebih dari 50 persen.

7. Pilih produk susu tinggi lemak

Asupan tinggi susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko infertilitas, sedangkan susu tinggi lemak dapat menurunkannya.

Untuk menuai manfaat potensial ini, cobalah mengganti satu porsi susu rendah lemak per hari dengan satu porsi susu tinggi lemak, seperti segelas susu murni atau yogurt penuh lemak.

8. Aktiflah berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan. Meningkatkan aktivitas fisik dalam taraf sedang memiliki efek positif pada kesuburan bagi wanita dan pria, terutama mereka yang mengalami obesitas .

Olahraga berlebihan dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, dan berdampak negatif pada sistem reproduksi. Jika berencana untuk meningkatkan aktivitas, tambahkan secara bertahap dan pastikan tim kesehatan Anda mengetahuinya.

Full length of young woman exercising with kettlebell on hardwood floor. Beautiful female is doing workout in domestic room at home. She is sports clothing.Ilustrasi obat penyubur kandungan/ Foto: Getty Images/Stígur Már Karlsson /Heimsmyndir

9. Luangkan waktu untuk bersantai

Jika mengalami kesulitan mencoba untuk hamil, stres mungkin juga salah satu penyebabnya. Saat tingkat stres meningkat, peluang untuk hamil berkurang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi saat merasa stres.

Menerima dukungan dan konseling dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi, dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Dan jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri Bunda sendiri ya.

Demikian beberapa cara alami yang diyakini dapat menjadi obat penyubur kandungan bagi Bunda yang ingin segera mendapat keturunan. Semoga bermanfaat Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!