sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Makanan Penyubur Kandungan dalam Islam Beserta Resepnya, Catat ya Bun!

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 03 Jan 2022 20:50 WIB
Ibu hamil muslim Ilustrasi Bunda Hamil/ Foto: iStock
Jakarta -

Kunci utama keberhasilan program hamil adalah sehat. Bunda perlu menerapkan pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bernutrisi yang bisa jadi penyubur kandungan.

dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa salah satu aspek yang harus diperhatikan bila Bunda ingin sehat adalah mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, makanan pun harus halal.

"Kita bisa lihat dalam Al-Qur'an bahwa Allah SWT menekankan dua sifat makanan yang harus dikonsumsi, yaitu halal dan thayyib. Makanan yang dikonsumsi tidak hanya halal, tapi juga harus baik dan sehat," kata Zaidul Akbar  dalam buku Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan.


Sebuah makanan disebut baik dan sehat bila memenuhi parameter umum nih, Bunda. Parameter ini seperti aman dikonsumsi, baik dalam jangka panjang maupun pendek, tumbuh di tanah yang tinggi mineral, bebas dari bahan kimia sintetik, mendapatkan cahaya matahari, tidak terpapar logam berat, dan tidak banyak pengolahan.

Selain menjaga pola makan sehat, Bunda enggak boleh lupa untuk berdoa ya. Kita perlu mendekatkan diri ke Allah SWT dan terus berdoa untuk diberikan momongan.

"Selain haya hidup, satu hal penting yang harus dilakukan pasangan suami istri yang mendambakan anak adalah senantiasa berdoa dan ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT," tulis Dr. dr. H. Imam Rasjidi, SpOG, dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah.

Dan orang-orang yang berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami penyejuk hati dari istri-istri kami dan anak keturunan kami dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa," (QS Al Furqan [25]: 74)

Makanan penyubur kandungan dalam Islam

Makanan sehat perlu dikonsumsi selama Bunda menjalani program hamil. Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan penyubur kandungan dalam Islam yang bisa dikonsumsi selama program hamil:

1. Kurma

Kurma merupakan makanan yang menyehatkan. Kurma disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadist Nabi Muhamaad SAW karena manfaatnya ini, Bunda.

Menurut Zaidul Akbar, kandungan utama kurma adalah karbohidrat sederhana, terutama gula seperti sukrosa dan fruktosa. Kurma juga mengandung beberapa sumber nutrisi lainnya, seperti serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, vitamin B6, zat besi, kalsium, folat, serta antioksidan.

"Kurma sudah terbukti menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan," kata Zaidul Akbar.

2. Madu

Dalam Islam, madu dikenal sebagai makanan sehat. Rasulullah SAW bahkan menyebut madu sebagai obat dari segala penyakit, Bunda.

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Al-Qur'an dan madu," (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas'ud).

Madu terdiri dari 17 persen air dan 38 persen gula sederhana fruktosa, dan 31 persen glukosa. Madu memiliki senyawa bioaktif dengan sifat antioksidan.

Madu yang baik untuk program hamil adalah yang sudah dalam bentuk terpasteurisasi atau telah melalui proses sterilisasi pemanasan. Madu asli tidak baik karena bisa menyebabkan botulisme atau keracunan makanan karena bakteri.

Nabi Muhammad SAW Cegah Virus Masuk ke Tubuh dengan Mengonsumsi 3 Makanan, Yaitu Kurma, Madu, dan Jintan HitamIlustrasi madu sebagai makanan penyubur kandungan/ Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Minyak biji flax (flaxseed oil)

Minyak biji flax dapat menyehatkan fungsi saluran rahim, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Minyak ini biasanya dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen, Bunda.

4. Buah zuriat

Buah zuriat dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, Bunda. Kandungan antioksidan dalam buah inilah yang baik untuk kesehatan reproduksi dan bisa mencegah bahaya stres oksidatif.

Buah zuriat juga bisa menjaga kesehatan rahim yang berperan penting dalam terjadinya kehamilan. Buah ini dapat memperkuat dinding rahim, terutama bagi Bunda yang pernah mengalami keguguran.

5. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rahim, Bunda. Kandungan penting untuk penyubur kandungan di kunyit adalah antioksidan dan sifatnya sebagai antiinflamasi dan antibakteri.

"Kunyit memiliki senyawa kimia yang terdapat dalam rimpang, di antaranya kurkumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Bagian kunyit yang sering dimanfaatkan untuk obat adalah rimpangnya. Rimpang kunyit memiliki khasiat untuk kesehatan," ujar Zaidul Akbar.

Resep penyubur kandungan

Makanan penyubur kandungan dapat dikonsumsi dengan makanan bernutrisi lainnya. Nah, berikut 3 resep program hamil dari Zaidul Akbar yang bisa dicoba di rumah:

1. Kunyit dan jahe

Bahan:

300 ml air panas
2 ruas kunyit, seukuran jempol orang dewasa
1 ruas jahe, seukuran jempol orang dewasa
Asam jawa secukupnya
Gula aren secukupnya
Serai atau kayu manis geprek

Cara membuat:

  1. Iris tipis jahe, kunyit, dan serai, Bunda. Kemudian seduh dengan 300 ml air panas.
  2. Masukkan gula aren dan asam jawa, kemudian aduk dan diamkan sebentar.
  3. Minumlah ramuan kunyit dan jahe selagi hangat ya, Bunda.

Resep di atas bisa digunakan untuk mengatasi keluhan haid dan keputihan. Selain itu, resep juga dapat digunakan sebagai ikhtiar program hamil, Bunda.

2. Madu dan kurma

Bahan:

1 sdm (sendok makan) madu
1 sdm minyak zaitun
7 butir kurma

Cara konsumsi:

Bunda bisa mengonsumsi ketiga bahan di atas setiap hari. Madu mewakili asam amino terbaik berfungsi untuk program hamil. Di buah kurma, Bunda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan karena mengandung prebiotik.

3. Alpukat dan kurma

Bahan:

1 buah alpukat
7 butir kurma
1 sdm minyak zaitun
1 sdm madu

Cara konsumsi:

  1. Kerok alpukat dan simpan di dalam wadah.
  2. Masukkan kurma yang sudah dipotong kecil-kecil ya, Bunda.
  3. Tambahkan minyak zaitun dan madu ke dalam campuran alpukat dan kurma.
  4. Untuk resep minumannya, Bunda bisa membuat teh biji alpukat dengan cara memarut bijinya dan diseduh dengan air panas.

Simak juga resep-resep program hamil ala Nabi Muhammad SAW, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!