sign up SIGN UP search

kehamilan

So Sweet! Ibas Rela Temani Aliya Rajasa Isoman Saat COVID-19 & Hamil Anak Keempat

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 17 Aug 2022 19:05 WIB
PROSES MELAHIRKAN ANAK KEEMPAT SECARA CAESAR
Aliya Rajasa caption

Sehari setelah dinyatakan negatif COVID-19, Aliya langsung cek ke dokter. Dari pemeriksaan, dokter menemukan jumlah air ketubannya berkurang.

Padahal, Aliya tak pernah mengalami masalah di air ketuban pada tiga kehamilan sebelumnya. Dokter yang menanganinya pun sudah memahami kondisinya karena menangani Aliya dari kehamilan pertama.

"Pas 17 Juli negatif, besok langsung ke dokter. Ternyata ada sesuatu di dalam kandungan, kok kayaknya level air ketuban berkurang. Dokter kandungan aku ini yang menangani tiga anak sebelumnya, beliau tahu persis kondisi fisik aku dan janin, kami pun selalu tes darah dan sebagainya, semua baik-baik saja. Sampai tiba-tiba pada saat cek ada penurunan level air ketuban, kaget dong," ujar Aliya.


Banner Perut Kedutan Saat Hamil

Dari hasil pemeriksaan itu, dokter lalu menyarankan Aliya untuk melahirkan secara caesar. Keputusan ini diambil setelah dua hari jumlah air ketubannya tak kunjung naik.

"Dokter bilang, ada kemungkinan ini harus segera dikeluarkan supaya aman karena takutnya ada penyusutan lagi. Lusanya aku cek, tidak ada pengurangan, tapi tidak ada penambahan air ketuban," ungkapnya.

Tim dokter pun tidak bisa memastikan penyebab jumlah air ketuban Aliya berkurang. Namun, mereka curiga hal itu terjadi karena Bunda empat anak ini sempat positif COVID-19.

Melihat kondisi tersebut, Aliya dan Ibas pun memutuskan untuk melahirkan caesar di usia kehamilan 37 minggu. Untuk pertama kalinya, Aliya pun menjalani proses kelahiran ini, Bunda.

"Jadi semua curiga berat itu dari Covid. Alhamdulillah dokter segera menemukan dan mengambil keputusan cepat, jadi dilakukan caesar," kata Aliya.

"Alhamdulillah ini sudah jalannya dan akhirnya aku merasakan juga lahiran caesar, aduh perjuangan luar biasa karena beda dengan lahiran normal," sambungnya.

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!