sign up SIGN UP search


kehamilan

Perut Kedutan saat Hamil, Pertanda Janin Mulai Bersiap untuk Lahir?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 13:36 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Kontraksi Perut Kedutan saat Hamil, Pertanda Janin Mulai Bersiap untuk Lahir?/Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Berbicara soal kedutan, ternyata hal itu enggak cuma dialami mata kita saja lho. Apakah Bunda pernah merasakan perut kedutan saat hamil? Bila iya, ternyata hal itu juga dialami banyak ibu hamil lho.

Bagi para ibu hamil, mengalami perut kedutan saat hamil mungkin jadi hal biasa ya, Bunda. Apalagi, hal tersebut tak memberikan pengaruh apa pun pada kehamilannya. Hanya saja, ketika terus menerus dirasakan, tentunya kepanikan perlahan muncul terkait kesehatan janin di kandungan. 

Ya, perut kedutan saat hamil merupakan proses kejang otot di sekitar area perut yang menjadi hal sangat umum dialami bumil. Biasanya, perut kedutan saat hamil terjadi saat perut mulai membesar.


Gejala ini juga termasuk populer dialami bumil seperti halnya masalah umum, perut kembung, sembelit, dan lainnya. Meski demikian, mengalami perut kedutan saat hamil juga tak bisa disepelekan begitu saja.

Terutama saat kondisinya tak semakin membaik. Bunda perlu menemui dokter kandungan untuk dicek lebih lanjut apakah kondisi kandungan baik-baik saja atau tidak.

Penyebab perut kedutan saat hamil

Perlu Bunda tahu, saat kehamilan berlanjut, rahim yang membesar memberikan tekanan pada panggul. Ketika bayi bertumbuh sepanjang kehamilan, rahim yang membesar akan didorong ke bawah di panggul saat bayi bergerak lebih dalam untuk mengantisipasi kelahiran, seperti dikutip dari laman Dumex.

Selain itu, ligamen yang menopang rahim akan meregang dan bergeser untuk memberikan ruang bagi bayi yang sedang bertumbuh. Beberapa ibu hamil juga akan merasakan panggul memiliki perasaan melar atau kedutan juga.

Terkadang, ini juga dapat menyebabkan udara, sedikit rasa sakit ataupun mati rasa. Dan, perut kedutan saat hamil bisa datang dan pergi ya, Bunda.

Jika Bunda merasa tidak nyaman dengan hal ini, Bunda dapat meredakannya dengan melakukan beberapa latihan panggul seperti bersantai dengan pinggul ditinggikan, mandi air hangat, atau memasang selempang perut untuk menopang berat perut yang semakin besar.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab janin aktif di sebelah kiri.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUT KEDUTAN SAAT HAMIL, PERTANDA APA YA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!