sign up SIGN UP search

kehamilan

Produksi Sperma Menurun hingga 62 Persen dari Tahun ke Tahun, Ini Penyebabnya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 19:05 WIB
Ilustrasi Sperma Ilustrasi Produksi Sperma Menurun hingga 62 Persen dari Tahun ke Tahun, Ini Penyebabnya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ClaudioVentrella
Jakarta -

Kemandulan mengintai para pria, terutama suami yang sedang mencoba punya keturunan. Sebuah penelitian terbaru menemukan fakta mengejutkan tentang produksi sperma yang terus menurun dari tahun ke tahun, Bunda.

Penelitian mengungkapkan jumlah sperma pria secara global telah menurun lebih dari 62 persen sejak tahun 1973 sampai 2018. Demikian isi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction Update.

Studi ini juga menemukan bahwa konsentrasi sperma pada pria turun sebanyak 51 persen. Penurunan ini terjadi dari 101,2 juta menjadi 49 juta sperma per mililiter dalam periode yang sama.


Jumlah sperma ideal menurut WHO

Jumlah rata-rata sperma dari hasil penelitian tersebut termasuk masih ideal, Bunda. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), rata-rata jumlah sperma ideal adalah 15 juta per mililiter. Artinya, bila seorang pria memiliki jumlah sperma di bawah angka tersebut, maka ia dianggap memiliki konsentrasi sperma yang rendah.

Meski begitu, para Ayah tetap perlu waspada dengan penurunan jumlah sperma tersebut ya. Ketua studi sekaligus profesor dari Hebrew University, Hagai Levine, mengatakan meski masih berada di atas angka yang ditetapkan WHO, namun terjadinya penurunan itu masih cukup mengkhawatirkan.

"Kita memiliki masalah serius yang jika tidak diatasi dapat mengancam kelangsungan hidup umat manusia," kata ahli epidemiologi itu, dikutip dari New York Post.

Penelitian terbaru ini berisi data selama tujuh tahun, Bunda. Data tersebut mencakup 53 negara dan pengamatan pada 223 studi berdasarkan sampel sperma lebih dari 57.000 pria.

Jumlah sperma yang menurun dari tahun ke tahun bukan tanpa sebab. Beberapa peneliti yang ikut bergabung dalam studi mengungkap penyebabnya. Mereka mempelajari tren jumlah sperma di area-area yang belum pernah ditinjau sebelumnya.

"Tren penurunannya sangat jelas. Penemuan ini adalah temuan yang luar biasa dan saya merasa bertanggung jawab untuk mengirimkannya ke dunia. Penurunannya sangat nyata dan tampaknya semakin cepat," ujar Levine.

Lalu apa saja penyebab menurunnya jumlah dan konsentrasi sperma ini ya, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga empat ciri sperma yang sehat, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fir)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!