kehamilan

10 Persiapan Sebelum Jalani Program Hamil

Muhayati Faridatun Rabu, 14 Aug 2019 12:57 WIB
10 Persiapan Sebelum Jalani Program Hamil
Jakarta - Setelah menikah dan pulang dari bulan madu, tak sedikit pengantin baru berharap segera diberi momongan. Kalau memutuskan ingin hamil, pasangan suami istri baiknya melakukan beberapa persiapan.

Disarankan seorang profesor di departemen kebidanan dan ginekologi Fakultas Kedokteran University of Connecticut, John R. Sussman, M.D., calon orang tua harus menjadwalkan pemeriksaan pra-konsepsi ke dokter atau bidan.

Sussman menjelaskan, pemeriksaan tersebut bertujuan mengetahui riwayat kesehatan pasangan dan keluarga. "Memahami sejarah ginekologis pasien dan pengalaman kehamilan masa lalu bisa sangat penting dalam membantu mereka merencanakan kehamilan sehat," paparnya, dikutip dari Parents.

Selain itu, kata Sussman, dokter atau bidan juga harus memeriksa apakah calon orang tua sudah diimunisasi, terutama cacar dan rubella. Kalau belum, Susmann menganjurkan agar calon Ayah Bunda divaksinasi tiga bulan sebelum mencoba hamil.

"Keduanya (cacar dan rubella) adalah vaksin 'hidup', sehingga tidak direkomendasikan selama kehamilan," tegas Sussman.

Sementara melansir dari buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normalhamil bukan hanya tentang ibu yang sehat dan bayinya selamat. Dijelaskan dr.Fredrico Patria, Sp.OG, ada banyak hal yang harus dipikirkan termasuk finansial, kondisi fisik ibu, serta lingkungan tempat tinggal.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan saat Bunda memutuskan untuk hamil? Lihat di halaman berikutnya ya.

Simak juga kiat sukses Chikita Meidy hamil setelah pulang honeymoon, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi