kehamilan

Tuai Kontroversi, Artis Spanyol Ana Obregon Gunakan Sperma Anak untuk Punya Cucu

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Rabu, 12 Apr 2023 12:05 WIB

Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin memenuhi seluruh keinginan sang anak. Hal ini juga dilakukan oleh artis Spanyol, Ana Obregon, yang berhasil mewujudkan impian mendiang anaknya, Aless, untuk memiliki seorang anak.

Belum lama ini, Ana Obregon, membuat kontroversi yang menarik perhatian netizen. Bukan tanpa alasan, hal ini lantaran ia menggunakan sperma mendiang anaknya, Aless, agar bisa memiliki cucu.

Aless sendiri sudah meninggal pada tahun 2020 lalu. Pria 27 tahun ini tutup usia lantaran menderita penyakit kanker.


Ana Obregon menggunakan sperma mending sang anak melalui metode surrogate mother atau ibu pengganti. Ia diketahui merupakan seorang wanita asal Kuba yang saat ini tinggal di Florida.

Pemain serian A Las Once en Casa ini mengatakan bahwa ia ingin mewujudkan keinginan Aless. Sebelum meninggal, sang anak pernah menyatakan ingin memiliki seorang anak.

Memicu perdebatan hukum dan etika

Melansir dari CNN, langkah yang diambil Ana ini memicu adanya perdebatan hukum dan etika. Pasalnya, ibu pengganti di Spanyol masih ilegal, Bunda.

Meski begitu, ada aturan juga jika sampel sperma dapat digunakan untuk menghamili perempuan single setelah pendonor meninggal selama 12 tahun dan telah mendapatkan izin.

Ana akan mendaftarkan pasporĀ AS untuk cucunya yang lahir pada 20 Maret itu. Dia akan didaftarkan di konsulat Spanyol di Miami sebelum terbang ke Spanyol.

Tak sedikit orang yang mempertanyakan apakah Ana boleh membawa bayi yang lahir melalui metode ilegal menurut hukum Spanyol itu, Bunda.

Ana mengaku telah memiliki dokumen yang membuktikan bahwa ia diakui secara hukum sebagai ibu bayi di Amerika Serikat dan mengadopsi anak yang lahir di luar negeri secara legal di Spanyol. Dengan demikian, ia akan menjadi ibu sekaligus nenek terhadap anak tersebut.

Lantas, bagaimana menurut ahli dan pakar tentang legalitas hukum metode ibu pengganti ini? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Bunda, saksikan juga video ciri sperma yang sehat berikut ini:

(mua/rap)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT