KEHAMILAN
Manfaat Diet Mediterania Selama Kehamilan untuk Kesehatan Ibu dan Bayi, Cegah Kelahiran Prematur
Annisa Karnesyia | HaiBunda
Minggu, 04 Jan 2026 08:30 WIBDiet Mediterania merupakan salah satu jenis diet yang dipercaya bisa mendukung kesehatan secara keseluruhan. Diet ini berfokus pada konsumsi makanan alami dengan metode memasak tradisional khas daerah Mediterania.
Pedoman diet Mediterania ternyata dapat diadopsi sebagai pola makan untuk ibu hamil, Bunda. Melansir dari laman Michigan State University, pola makan sehat seperti di diet ini dapat memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan optimal selama kehamilan.
Studi yang diterbitkan di Advances in Nutrition tahun 2024 menemukan hubungan positif antara pola makan ala Mediterania dan hasil yang berkaitan dengan kehamilan. Manfaat ini termasuk penurunan risiko diabetes gestasional pada ibu dan penurunan risiko kelahiran prematur serta berat badan lahir rendah pada bayi baru lahir.
Studi lain yang dipublikasikan di JAMA Network Open tahun 2023 juga mengaitkan manfaat diet Mediterania selama hamil dengan perkembangan saraf yang lebih baik pada usia 2 tahun. Secara detail, studi ini melaporkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengikuti diet Mediterania selama kehamilan memiliki skor kognitif dan sosial-emosional yang lebih baik
"Hubungan antara diet ibu dan perkembangan saraf anak telah disarankan oleh beberapa studi epidemiologi. Telah diusulkan bahwa beberapa komponen diet dapat memediasi perubahan status inflamasi yang mengganggu perkembangan otak dalam kandungan," tulis para peneliti studi, dilansir Medical News Today.
"Temuan positif dalam penelitian kami dapat dijelaskan oleh pola makan sehat, alih-alih suplementasi dengan nutrisi tertentu. Beberapa komponen makanan termasuk asam lemak tak jenuh rantai panjang, asam lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun extra virgin, vitamin antioksidan, serat makanan, dan polifenol, dapat menjelaskan efek diet Mediterania dalam mengurangi penanda peradangan dan stres oksidatif."
Ahli diet klinis senior di UCLA Medical Center di Los Angeles, Dana Hunnes, PhD, juga setuju dengan temuan dari studi ini. Menurutnya, diet Mediterania memang memiliki manfaat bagi ibu hamil.
"Hal ini tidak mengejutkan saya. Begitu banyak perkembangan otak terjadi di dalam rahim dan dalam beberapa tahun pertama kehidupan, jadi sangat masuk akal bahwa diet anti-inflamasi yang sangat sehat, terutama berbasis tumbuhan dan kaya akan lemak sehat akan menghasilkan hasil perkembangan saraf yang lebih baik. Saya pikir ini menunjukkan bahwa diet sehat dapat memiliki efek besar pada hasil kesehatan di kemudian hari," ujar Hunnes.
Jenis makanan sehat dalam diet Mediterania
Berikut jenis-jenis makanan dalam diet Mediterania yang dapat Bunda konsumsi selama hamil:
- Beragam buah dan sayuran
- Biji-bijian utuh
- Kacang-kacangan dan polong-polongan untuk protein nabati
- Minyak zaitun sebagai sumber lemak utama
- Konsumsi produk susu dalam jumlah sedang, seperti yogurt dan keju
- Mengonsumsi ikan rendah merkuri, telur, dan unggas serta mengurangi konsumsi daging merah
- Menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, thyme, rosemary, dan basil untuk meningkatkan cita rasa makanan.
"Diet Mediterania kaya akan buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian utuh yang mengandung banyak vitamin dan mineral, yang kebutuhannya meningkat selama kehamilan, serta memberikan efek antioksidan. Penekanan pada konsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mendorong perkembangan kognitif pada bayi," kata presiden Academy of Nutrition and Dietetics, Lauri Wright, PhD.
"Seorang ibu hamil memiliki kebutuhan protein, kalori, lemak, dan banyak vitamin serta mineral yang meningkat untuk mendukung pertumbuhan bayi. Untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat itu, seorang ibu hamil harus memasukkan lebih banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan produk susu, yang merupakan dasar dari diet Mediterania," sambungnya.
Demikian manfaat dari diet Mediterania selama kehamilan untuk kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bunda.
Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!
(ank/pri)Simak video di bawah ini, Bun:
Bumil Wajib Tahu, Ini Kebutuhan Protein pada Setiap Trimester
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Diet Mediterania Ternyata Mampu Turunkan Risiko Preeklamsia Lho
Pola Makan Ideal saat Hamil Agar Bunda dan Bayi Tetap Sehat
Diet Mediterania, Pola Makan Ideal Saat Jalani Program Bayi Tabung
Pentingnya Diet Sehat Selama Jalani Program Bayi Tabung
TERPOPULER
Dokter Gunakan Botox untuk Menolong Janin dalam Kandungan, Hasilnya Mengejutkan
10 Kalimat yang Dibenci Anak hingga Dewasa dari Orang Tuanya, Jangan Diucapkan!
Ciri Kepribadian Orang yang Gampang Menangis, Bukan Berarti Lemah
SPMB SMP Bogor 2026/2027: Aturan, Jadwal Pendaftaran & Pilihan Jalur
Fasilitas Umum Korea Selatan Belum Ramah Ibu Hamil, Termasuk Susah Dapat Kursi Prioritas
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Lampu LED Emergency, Cadangan saat Kena Pemadaman Listrik
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
9 Label Nama Buku Aesthetic untuk Buku Pelajaran Anak
Nadhifa FitrinaREKOMENDASI PRODUK
7 Bantal Menyusui Multifungsi Terbaik yang Bagus & Nyaman untuk Ibu & Bayi
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
9 Bumbu Masak Instan untuk Masakan Enak dan Praktis
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Pashmina Viscose yang Bagus, Adem, dan Nyaman Dipakai Seharian
Amira SalsabilaTERBARU DARI HAIBUNDA
5 Hal yang Diingat Anak Seumur Hidup dari Orang Tua
10 Kalimat yang Dibenci Anak hingga Dewasa dari Orang Tuanya, Jangan Diucapkan!
Dokter Gunakan Botox untuk Menolong Janin dalam Kandungan, Hasilnya Mengejutkan
Kiesha Alvaro Siapkan Tabungan 4 Th untuk Bunda & Adiknya Sebelum Kuliah di Luar Negeri
SPMB SMP Bogor 2026/2027: Aturan, Jadwal Pendaftaran & Pilihan Jalur
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Insertlive
Kesehatan yang Membaik Bikin Haji Bolot Pengin Cepat Pulang dari Rumah Sakit
-
Beautynesia
5 Zodiak Pendiam yang Tidak Suka Mendominasi Percakapan
-
Female Daily
Penampilan Perdana LE SSERAFIM Bawakan ‘BOOMPALA’ Kini Sudah Bisa Disaksikan di Spotify!
-
CXO
GOT7 Rilis Album Baru, Persiapan Harus Lewat Video Call Karena Hal Ini
-
Wolipop
Harper Beckham Datangi Kakak di Tengah Perseteruan Keluarga, Gagal Tatap Muka
-
Mommies Daily
7 Event Seru 15–21 Juni 2026, dari ARTJOG hingga Sunset di Kebun