kehamilan

Benarkah Ibu Hamil yang Wasir Nggak Bisa Melahirkan Normal?

Joko Supriyanto 06 Jun 2017
Ilustrasi ibu hamil menahan nyeri wasir (Foto: Nurvita Indarini) Ilustrasi ibu hamil menahan nyeri wasir (Foto: Nurvita Indarini)
Jakarta -
Ilustrasi wasir saat hamilIlustrasi wasir saat hamil Foto: Nurvita Indarini
Pernah nggak Bunda mengalami wasir alias ambeien saat sedang hamil? Duh, sakit banget ya. Apalagi banyak orang bilang wasir bisa menghalangi persalinan normal. Benar nggak ya?

Kalau saya bilang, itu sama sekali nggak benar Bun. Soalnya saya pernah muncul wasir saat sedang hamil 36 minggu. Ya ampun, sakit banget rasanya. Bahkan saya sampai sering terbangun saat tidur karena sakitnya si wasir ini.

Karena saya nggak ada komplikasi kehamilan, kala itu saya ingin banget bisa melahirkan secara vaginal birth alias normal. Tapi kemunculan wasir saat hamil ini memang sempat bikin saya deg-degan sih, khawatir nggak bisa melahirkan secara normal.

Untunglah dokter kandungan meyakinkan saya tidak ada hubungan antara munculnya wasir saat hamil dengan persalinan normal. Nyatanya benar, saya bisa melahirkan secara normal, meski kata bu dokter wasir saya gede banget.

Ilustrasi wasir saat hamilIlustrasi wasir saat hamil Foto: Nurvita Indarini
Wasir saat hamil bahkan sebenarnya bisa dikatakan sebagai hal yang wajar lho Bun. Penasaran nggak Bun kenapa wasir sering nongol saat hamil? Ini karena meningkatnya jumlah darah yang ada di dalam pembuluh darah.

Nah, karena ada tekanan hidrostatik, maka beban yang ditanggung pembuluh darah pun meningkat. Alhasil muncul bengkak di tubuh ibu hamil, tak terkecuali di area anus. Bahkan ya Bun, perempuan yang sebelumnya tidak punya keluhan wasir juga bisa tiba-tiba mengalami wasir saat hamil.

Tapi kata dr Hari Nugroho SpOG RSUD Dr Soetomo Surabaya, kalau wasir sudah muncul sebelum ibu mengandung, seringkali derajat keparahan wasir akan meningkat pada saat hamil. Yang pernah mengalami wasir, pasti tahu banget deh bagaimana sakit dan perihnya saat wasir kambuh.

"Hemorrhoid (wasir) pada kehamilan bukan indikasi dilakukan operasi caesar. Dapat lahir normal. Walau beberapa kasus secara individu dan khusus dapat membuat dokter kandungan memutuskan untuk dilakukan operasi caesar, tetapi sebagian besar hemorrhoid dapat melahirkan secara normal," jelas dr Hari dalam sesi konsultasi di detikHealth.

Nah, kalau Bunda mengalami wasir saat hamil, jangan terlalu lama khawatir. Karena biasanya beberapa hari setelah melahirkan, bisa kembali kondisinya alias si wasir akan menghilang.

Dalam kasus saya, wasir raib setelah sekitar seminggu melahirkan. Hingga saat ini, tiga tahun setelah melahirkan, wasir itu tidak pernah datang lagi. Lega banget.

Bunda juga punya pengalaman punya wasir saat hamil? Yuk share pengalaman Bunda dan cara untuk mengatasi perihnya wasir saat hamil di kolom komentar ya. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi