sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Ini Ampuh Mempercepat Pembukaan sehingga Mudahkan Persalinan Normal

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 30 May 2022 20:50 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. caption

Jakarta - Meski telah ada beberapa metode terbaru sebagai cara alternatif untuk melahirkan, tampaknya hampir semua ibu ingin menjalani persalinan secara normal ya Bunda. 

Alasannya, karena lebih alami, proses dan pemulihan persalinan normal jauh lebih cepat ketimbang melalui operasi. Memang tidak semua persalinan normal berjalan lancar, tapi ada sebuah trik yang disebut bisa membantu Bunda mempermudah melahirkan secara normal lho, apakah itu?

Disebutkan, melahirkan secara normal bisa dilakukan relatif lebih mudah dengan mendorong pelebaran melalui menjaga tubuh tetap rileks agar pembukaan serviks menjadi longgar. 


Istilah yang menggambarkan pelebaran pembukaan serviks biasa disebut dilatasi, Bunda. Pelebaran serviks adalah salah satu tanda bahwa seorang ibu hamil akan melahirkan. Pelebaran biasanya bertahap, tetapi serviks dapat melebar dengan cepat selama satu atau dua hari. Beberapa faktor berbeda dapat memengaruhi seberapa cepat pelebaran terjadi pada setiap Bunda.

Banner Tips Anak Cerdas Seperti Maudy Ayunda Tips Anak Cerdas Seperti Maudy Ayunda/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

“Selama tahap akhir kehamilan, dokter melakukan pemeriksaan serviks untuk melacak progres kehamilan dan tingkat pelebaran serviks. Hal ini bisa berbeda-beda pada setiap perempuan,” ungkap Obgyn Fernando Mariz, kepada Healthline

Lantas apa saja ya yang bisa Bunda lakukan untuk bisa mempercepat bukaan lahiran? Yuk lanjut, Bunda. 

Mengenal tiga tahap pembukaan persalinan

Mengutip penjelasan Medicalnewstoday, pembukaan rahim pada proses melahirkan terbagi dalam tiga tahap sebagai berikut:

1. Tahap 1

Tahap satu adalah tahap terpanjang, dan ini dipecah menjadi tiga bagian. Pada awal persalinan, serviks melebar hingga 3 sentimeter. Persalinan aktif terjadi dengan dilatasi antara 3 dan 7 cm. Fase transisi antara 7 cm dan dilatasi penuh pada 10 cm.

2. Tahap 2

Pembukaan dua pada persalinan berarti mulut rahim sudah membuka 2 cm. Hal ini masih memasuki tahap awal dari persalinan yang dapat terjadi dalam waktu berjam-jam. Wanita hamil yang mengalami momen ini akan merasakan kontraksi yang lebih sering disertai perut mulas dan kram.

Ilustrasi tanda segera melahirkan.4 Cara Ini Ampuh Mempercepat Pembukaan sehingga Mudahkan Persalinan Normal/ Foto: iStockphoto

3. Tahap 3

Selama tahap ini, plasenta lahir. Selama bulan 9 kehamilan, dokter akan mulai mencari tanda-tanda bahwa tubuh Bunda sedang mempersiapkan persalinan. Kunjungan prenatal ini mungkin termasuk pemeriksaan internal untuk memeriksa serviks Bunda. Dokter akan memastikan apakah serviks Bunda telah melebar atau menipis.

Itulah mengapa Bunda dianjurkan untuk konsultasi terjadwal ke dokter atau petugas layanan kesehatan yang kompeten. Agar kesiapan melahirkan dapat terpantau dan tertangani dengan baik ya. 

Ingin tahu beberapa metode yang mampu mempercepat pembukaan? Simak di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video menarik tentang 7 tips mempercepat pembukaan:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MEMPERCEPAT BUKAAN LAHIRAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!