kehamilan

Ini Sebabnya Ibu Hamil Bisa Terlihat 'Glowing'

Radian Nyi Sukmasari 08 Des 2017
Ini sebabnya ibu hamil bisa terlihat glowing/ Foto: Ari Saputra Ini sebabnya ibu hamil bisa terlihat glowing/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Waktu hamil pernah ditanya 'Kok makin glowing sih?' atau 'Makin bersinar aja nih Bumil!', nggak, Bun? Nah, fenomena kelihatan lebih bersinar waktu hamil sebenarnya nggak cuma perasaan orang yang melihat atau kita lagi beruntung aja nih pas hamil. He-he-he.

Ya, soalnya ada penyebab ilmiahnya lho kenapa kita terlihat bersinar saat hamil. Berikut ini dirangkum HaiBunda beberapa penyebab ilmiah yang membuat ibu hamil bersinar.

1. Kulit Terlihat Sehat

Kulit yang jadi kelihatan lebih sehat saat hamil disebabkan aliran darah yang lebih deras sehingga kulit terlihat nggak pucat dan sehat. Demikian diutarakan oleh Brandye Wilson-Manigat MD, dokter kandungan dari Pasadena, California.

"Selain itu, ada peningkatan regenerasi sel kulit dan ini memungkinkan sel-sel baru muncul ke permukaan, dan sel-sel tua yang kering akan terkelupas. Yang tertinggal adalah sel bulat yang membuat kulit jadi halus dan bersinar," papar Brandnye.

2. Bibir Terlihat Lebih Penuh

Menurut Sherry Ross MD, dokter kandungan di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, AS, peningkatan volume darah juga bisa membuat bibir kita terlihat lebih penuh saat hamil. Membran mukus di seluruh tubuh, terutama di wajah akan membesar dan penuh karena adanya peningkatan darah dan cairan.

"Bibir tampak lebih penuh dan lebih merah warnanya akibat perubahan hormon ini," ujar Sherry.

Ini sebabnya ibu hamil bisa terlihat glowingIni sebabnya ibu hamil bisa terlihat glowing (Foto: Ari Saputra/detikcom)


3. Kulit Mengalami Perbaikan

Berkat fluktuasi hormon kehamilan, muka kita mungkin berjerawat selama kehamilan, biasanya selama trimester ketiga. Tapi jika kita adalah seseorang yang punya psoriasis atau eksim, keluhan itu bisa membaik selama kehamilan.

"Kehamilan menginduksi keadaan imunosupresi ringan. Hal ini karena tubuh kita menjadi tuan rumah benda asing yaitu bayi dan tidak ingin menganggapnya sebagai ancaman. Sehingga, kondisi kulit yang bermasalah cenderung mengalami remisi atau pulih selama hamil," kata Dendy Engelman, MD, dermatolog di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery.

4. Rambut Lebih Tebal dan Halus

Hormon sangat berkaitan dengan pertumbuhan rambut. Sekali lagi, berkat hormon kehamilan, folikel rambut lebih aktif dan tahap siklus rambut jadi lebih lama. Akibatnya, rambut kepala jadi lebih tebal. Hormon kehamilan, khususnya progesteron juga dapat menyebabkan peningkatan aktivitas kelenjar sebaceous yang menyebabkan kulit kepala sedikit berminyak.

"Hal ini membuat rambut terlihat lebih tebal dan berkilau sepanjang masa kehamilan. Fase ini ditentukan secara genetik, jadi ada beberapa ibu hamil mungkin tidak memiliki pengalaman ini," kata Kameelah Phillips MD, dokter kandungan di New York City.

5. Kuku Lebih Panjang dan Kuat

Saat hamil, kuku kita akan lebih panjang dan kuat, Bun. Hal ini karena hormon estrogen yang bertanggung jawab atas perubahan ini. Namun, perlu diingat kembali bahwa kuku yang kuat bukan fenomena umum yang dialami semua wanita. Nutrisi yang baik dan vitamin prenatal juga bisa membantu membuat kuku jadi lebih kuat selama kehamilan, Bun. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi