kehamilan

Hamil Anak Ke-4, Istri Giring 'Nidji' Sering Mual dan Capek

Asri Ediyati 10 Des 2017
Hamil Anak Ke-4, Istri Giring Nidji Sering Mual dan Capek/ Foto: Hanif Hawari/detikHOT Hamil Anak Ke-4, Istri Giring 'Nidji' Sering Mual dan Capek/ Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Tiap ibu punya pengalaman unik masing-masing saat hamil. Seperti yang dialami Cynthia Riza, istri vokalis band Nidji, Giring Ganesha. Kata Cynthia, ada cerita 'berbeda' di kehamilannya yang keempat, mulai dari kondisi fisik hingga hobi baru.

"Memasuki usia kehamilan 14 minggu, aku merasa ada banget yang berbeda dari kehamilan pertama hingga ketiga. Kali ini lebih challenging, di trimester awal aku mual tiap saat. Badan cepat capek," kata Cynthia saat ngobrol dengan HaiBunda.

Padahal dulu di kehamilan pertama sampai ketiga, Cynthia mengaku kalau ia hamil 'kebo'. Soal ini, memang kondisi antara kehamilan pertama dengan yang lainnya bisa jadi sama ataupun berbeda. Hal ini karena kondisi ibu hamil sangat dipengaruhi hormon. Khususnya, hormon HCG (human chrorionic gonadotropin) yang kadarnya paling tinggi pada tubuh ibu hamil, demikian disampikan Ben-Joseph, dikutip dari KidsHealth.

"Kehamilan kali ini uniknya punya hobi baru yaitu ngecekin aplikasi ojek online untuk pesen makanan. Aku makan terus setiap saat, he-he-he," ujar Cynthia.

Adalah hal yang wajar jika ibu hamil jadi sering makan. Karena tentunya untuk tumbuh, janin butuh asupan nutrisi yang baik dan banyak. Menurut dr Damar Prasmusinto SpOG(K), jika asupan ibu hamil kurang, maka nutrisi diambil dari tubuh sang ibu dan pastinya hal tersebut nggak baik bagi kesehatan, baik ibu maupun janin.

Saat ditanya HaiBunda apa olahraga yang dilakukan selama hamil, Cynthia ini mengaku belum melakukan olahraga khusus hamil karena usia kehamilannya yang masih muda.

"Nanti memasuki usia 16 minggu mau mulai prenatal yoga," tutur Cynthia.

Terkait prenatal yoga, kegiatan ini paling aman dilakukan ketika usia kehamilan 20 minggu. Karena asumsinya plasenta udah melekat dengan baik, jadi aman melakukan gerakan apapun selama itu ringan.

"Tapi kalau mau melakukan (yoga) kurang dari 20 minggu boleh saja dengan catatan nggak ada keluhan kayak flek," papar Jamilatus Sa'diyah, seorang doula yang ditemui HaiBunda di Pro V Clinic, Permata Hijau Selatan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Gerakan yoga ini lebih banyak melakukan peregangan atau stretching. Prenatal gentle yoga juga melatih pernapasan agar saat bersalin ibu tetap merasa nyaman. Apalagi nih Bun, banyak lho bunda yang napasnya pendek dan terengah-engah saat melahirkan.

"Dalam yoga ini kita latih napas ibu supaya saat kontraksi di kamar bersalin sang ibu bisa mengolah dengan baik napasnya, ketika ia bisa mengolah napasnya maka ia bisa mengolah rasa nyeri dan pikirannya," tutur perempuan yang akrab disapa Mila ini.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi