kehamilan

Pernah Dengar 'Hari Bikin Bayi', Bun?

Melly Febrida 04 Jan 2018
Hari Bikin Bayi/ Foto: Thinkstock Hari Bikin Bayi/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Kalau Hari Ibu maupun Hari Ayah pasti sering dengar nih, entah itu di Indonesia ataupun di negara lain. Tapi, kalau 'Hari Bikin Bayi Nasional' pernah dengar nggak?

Hari Bikin Bayi Nasional itu benar-benar ada lho, Bun. Inggris-lah yang punya hari unik ini dan biasa diperingati setiap tanggal 2 Januari. Tapi kenapa tanggal tersebut yang popuper ya?

Ternyata sebuah penelitian mengungkap jutaan pasangan di seluruh dunia akan berusaha untuk hamil dan menghasilkan bayi yang lahir pada bulan September. Karena itu, di tanggal 2 Januari, tepat pukul 10.36 malam, para pasangan akan melakukan hubungan intim dan berharap bisa beruntung langsung hamil. Kalau dihitung lamanya kehamilan setelah 2 Januari, maka tanggal 26 September paling umum waktunya bayi dilahirkan.

Menurut Channel Mum, sebuah komunitas online untuk orang tua yang melakukan penelitian, orang-orang berharap bayi lahir pada September karena alasan sederhana: anak-anak sudah cukup usia di tahun ajaran baru.



Tanggal 2 Januari juga dipilih sebagai Hari Bikin Bayi Nasional karena pasangan cenderung berhubungan intim usai malam tahun baru. Selain itu para pasangan juga cenderung bercinta di tanggal 2 Januari malam untuk meredakan stres lantaran esok paginya akan kembali bekerja.

Trik Aneh agar Hamil

Siobhan Freegard, pendiri Channel Mum, mengatakan orang mencoba berbagai hal agar hamil. "Hamil itu tidak selalu mudah sehingga pasangan yang sudah lama mencoba akan melakukan usaha apa saja yang bisa membantu," kata Siobhan, seperti dilansir The Sun.

Nah, dari penelitian tersebut, 71 persen pasangan mencoba berbagai trik dengan harapan bakal meningkatkan peluang untuk hamil. Misalnya saja nih ada yang mencoba trik mengonsumsi cokelat hitam setiap hari. Sekitar 1.500 bunda melakukannya.

Selain itu, 37 persen pasangan minum jus nanas, 10 persen mengaku mengenakan kaus kaki saat berhubungan seks karena membuat kaki wanita hangat membantu wanita untuk cepat hamil. Selain itu sebanyak 3 persen mengunyah kentang goreng setelah sesi bercintanya dan bahkan mengenakan celana dalam beku.

Sebanyak 15 persen pasangan juga mengklaim tidur dalam kegelapan total dan mematikan semua perangkat termasuk Wi-Fi. Hal ini ditengarai bisa membantu mereka untuk hamil. Oya Bun, ada juga tips seks yang dipercaya orang tua yakni memastikan sang istri tidak orgasme selama seminggu setelah berhubungan seks.

Trik lainnya agak aneh tapi jadi metode yang paling populer dan digunakan 58 persen responden. Jadi istri akan meletakkan kakinya di udara dan berpura-pura mengendarai sepeda setidaknya tiga menit setelah berhubungan dengan pasangan.



Ada lagi nih, Bun, trik aneh agar hamil, yakni menggunakan seprai hijau karena orang percaya ini adalah warna kesuburan. Selain itu, satu dari 200 wanita menindik hidung sebelah kirinya, sesuai dengan pengobatan Ayurvedic Timur, karena ditengarai bisa membuatnya lebih subur.

Trik lain yang populer adalah menggunakan psikologi terbalik dengan berpura-pura tidak menginginkan bayi. He-he-he lucu juga ya.

Sebelumnya ada juga penelitian tentang hamil di bulan Desember itu lebih baik. Kenapa? Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Obstetri dan Ginekolog, kualitas produksi sperma pria di musim dingin lebih baik dibanding bulan-bulan musim panas. Begitu juga dengan penerimaan sel telur pada perempuan.

Hal tersebut berhubungan dengan perubahan lamanya siang hari. Nah, kondisi itulah yang meningkatkan kemungkinan sperma membuahi telur dan memicu kehamilan. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi