kehamilan

Penyebab dan Cara Atasi Sembelit Saat Hamil dan Usai Melahirkan

Melly Febrida 14 Feb 2018
Penyebab dan Cara Atasi Sembelit Saat Hamil dan Usai Melahirkan/ Foto: Ari Saputra Penyebab dan Cara Atasi Sembelit Saat Hamil dan Usai Melahirkan/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ibu hamil atau ibu yang baru saja melahirkan bisa mengalami sembelit alias konstipasi. Duh, ini nggak nyaman dan menyiksa banget deh. Pernah merasakan juga nggak, Bun?

Hal ini sering banget saya alami. Jadi di tiga kehamilan, saya selalu mengalami sembelit setelah melahirkan. Apalagi saya kan melahirkan secara caesar nih, Bun. Sudah merasakam nyeri pasca operasi, ditambah nggak nyaman karena sembelit. Hiks.

Biasanya sembelit disertai dengan kembung, mual, dan sakit perut. Hmm, apa sih penyebab sembelit? Menurut NHS, penyebab sembelit paling umum adalah:

Tidak cukup makan serat
Tidak cukup minum cairan
Tidak cukup aktif bergerak
Menahan buang air besar
Mengubah diet
Stres, gelisah, atau depresi
Obat


Lantas kenapa ibu hamil sering sembelit ya? Konstipasi sering terjadi selama kehamilan dan selama enam minggu setelah melahirkankarena adanya peningkatan hormon progesteron.

Biasanya tidak serius, tapi kalau Bunda mengalami konstipasi parah dengan sakit perut atau lendir atau darah, segera temui dokter, ya. Gejala normal biasanya hilang setelah beberapa minggu.

Kalau susah BAB gitu menderita juga ya, Bun. Obatnya cuma makan makanan berserat dan banyak minum air putih. Ini seperti yang disarankan Deborah Fisher, MD dari American Gastroenterological Association.

Menurutnya, sembelit selama beberapa hari bisa jadi karena kurangnya 'pelicin usus besar'. Ini bisa diatasi dengan banyak minum dan banyak mengonsumsi buah-buahan berserat. Selain itu, banyak bergerak, jalan-jalan atau berlari, atau mempraktikkan latihan tertentu yang berfokus pada pencernaan mungkin bisa membantu melancarkan BAB.

Tahu nggak, Bun, sebagian besar wanita merasa malu membahas masalah sembelit yang dialaminya selama mengandung. Jadi kalau Bunda mengalami sembelit saat hamil atau melahirkan, jangan sedih, Bunda nggak sendiri. Seperti saya bilang tadi, saya juga mengalaminya.

Menurut Sonali Shivlani, konsultan masalah kandungan, gizi anak, dan ibu menyusui, sembelit selama masa kehamilan bisa terjadi karena beberapa sebab. Selain karena perubahan hormon, sembelit juga bisa terjadi akibat konsumsi zat besi.

Jadi meskipun suplemen zat besi baik bagi ibu hamil, tapi sebaiknya mintalah dokter kandungan untuk memberi suplemen zat besi yang sesuai dengan kebutuhan Bunda. Sekali lagi, terlalu banyak mengonsumsi zat besi bisa mengakibatkan sembelit.

Dalam beberapa kasus, sembelit parah bisa mengakibatkan anus robek dan ini harus segera diobati. Seperti dikutip dari health.india.com, cara rumahan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah makan beberapa buah kismis setiap pagi, dengan direndam terlebih dahulu.



Ya, kismis bisa menjadi pencahar alami yang baik karena mengandung cukup banyak serat. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi obat pencahar tanpa pengawasan dokter ya, Bun, meskipun seringkali kita merasa tergoda untuk meminumnya. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi