kehamilan

Kisah Perjuangan Ibu dengan Diabetes Tipe 1 Mengandung 4 Anaknya

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 04 Mar 2018 - 09.04 WIB
Perjuangan Ibu dengan Diabetes Tipe 1 Mengandung 4 Anaknya/ Foto: Love What Matters Perjuangan Ibu dengan Diabetes Tipe 1 Mengandung 4 Anaknya/ Foto: Love What Matters
Jakarta - Sudah 34 tahun Addie Fowler (43) hidup dengan diabetes tipe 1. Setelah punya dua anak, Addie nggak menyangka dirinya masih diberi kepercayaan untuk punya momongan.

Addie bercerita dia sudah punya dua anak yakni Aaron (23) dan Grace (17). Siapa sangka, saat Addie berumur 41 tahun dia dinyatakan hamil, Bun. Sampai akhirnya seorang bayi perempuan yang diberi nama Hope lahir dalam kondisi sehat.

Nah, setahun kemudian, dirinya kembali hamil. Kala itu, si kecil Hope baru berusia enam bulan. "Saya terkejut mengetahui saya hamil. Memang ada sedikit kekhawatiran karena mengingat usia yang nggak muda lagi ditambah saya punya diabetes tipe 1," kata Addie dikutip dari Love What Matters.

Addie dan suaminya, Bobby, tetap bersyukur karena mereka masih dikasih kepercayaan untuk punya momongan, Bun. Sehingga, di kehamilan keempatnya Addie benar-benar ekstra menjaga kondisinya. Ya, pastinya ini nggak lepas dari dukungan keluarga juga dokter yang merawat Addie.

Maka dari itu ada hal berbeda yang dilakukan Addie saat si bungsu lahir. Dia membuat foto di mana si kecil yang diberi nama Joseph dikelilingi suntikan insulin dan kertas tes gula darah. Foto spesial ini merujuk pada perjuangan Addie yang hidup dengan diabetes tipe 1 memiliki kehamilan yang sehat sehingga si kecil bisa lahir dalam kondisi tak kurang suatu apapun.

"Foto ini dilengkapi 1.900 injeksi insulin dan 2.700 kertas tes gula darah. Ini merepresentasikan perjuangan saya mengandung anak saya dan bagaimana perjalanan saya dengan tim dari American Diabetes Association berusaha mencari pengobatan untuk diabetes tipe 1," kata Addie.



Selama hamil keempat anaknya, Addie memang mesti hati-hati. Karena seperti kita tahu, Bun, penting banget buat pasien diabetes tipe 1 wanita mengatur kadar gula darahnya selama hamil. Maka dari itu, Addie bersyukur banget ketika dia bisa melahirkan empat anak dalam keadaan sehat walafiat.

"Mungkin terdengar aneh tapi kami senang. Di rumah sekarang ramai. Ketika dua bayi bermain bersama kakaknya kemudian mereka bergurau dan tertawa. Saya bersyukur sekali dengan keadaan ini," tutur Addie.

Memang, Bun, penting buat pasien diabetes mengelola kadar gula darahnya selama hamil. Seperti kata dr Yuslam Edi Fidianto SpOG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, biasanya pada pasien diabetes yang hamil diminta melakukan pengaturan pola makan dan konsumsi obat dialihkan pada injeksi insulin.



Soalnya, kalau konsumsi obat oral bisa ada risiko pada pertumbuhan janin. Nah, kadar gula yang nggak terkontrol bisa berakibat pada bayi yang lahir dengan berat badan besar dan hipogklikemia. Ya, saat di kandungan bayi terbiasa mendapat pasokan gula dalam jumlah banyak tapi setelah lahir dia nggak lagi dapat pasokan gula sehingga ada risiko hipoglikemia. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi