kehamilan

Cerita Ibu Lihat Proses Kelahiran Bayinya Melalui Operasi Caesar

Asri Ediyati 11 Apr 2018
Cerita Ibu Lihat Proses Kelahiran Bayinya Melalui Operasi Caesar/ Foto: Thinkstock Cerita Ibu Lihat Proses Kelahiran Bayinya Melalui Operasi Caesar/ Foto: Thinkstock
Madison, Alabama - Kalau Bunda pernah menjalani operasi caesar atau mungkin pernah melihat foto operasi caesar pasti ada tirai biru yang membentang. Hal ini agar pandangan ibu pada perut yang dibuka untuk mengeluarkan si kecil terhalang. Tapi ibu yang satu ini nggak mau pandangannya melihat si bayi terhalang.

Ya, ibu ini ingin melihat bagaimana bayinya pertama kali dikeluarkan dari rahimnya. Sehingga ibu yang berasal dari Alabama, AS ini, meminta untuk menggunakan tirai transparan agar ia bisa melihat bayinya lahir.

Beruntungnya, permintaan Allison dan suaminya, Brent, dikabulkan. Mereka diberi kesempatan luar biasa untuk menyaksikan kelahiran putranya melalui prosedur caesar dari tirai yang transparan. Saat melihat bayi mungil yang diangkat dari perutnya, rasa syukur dan haru pun melanda. Akhirnya bayi laki-laki yang dirindukan itu lahir ke dunia. Jagoan kecil itu pun diberi nama Bennett.

"Kami menjalani persalinan dengan proses normal pada anak pertama kami dan berharap bisa melakukannya lagi saat Bennett lahir. Namun, harapan tersebut pupus. Di usia 20 minggu, saya didiagnosis dengan placenta previa. Kami jelas berharap ada sesuatu yang berubah, tetapi kami tetap mempersiapkan dan mempelajari tentang cara mendapatkan kelahiran caesar yang paling ramah keluarga," tutur Allison dikutip dari Love What Matters.

Ia juga mempelajari bagaimana cara agar tetap skin-to-skin dengan bayinya walau lewat operasi caesar. Mereka juga didampingi oleh doula. Sampai akhirnya mereka menemukan rumah sakit yang mengizinkan pemakaian tirai transparan untuk menyaksikan bayinya yang dilahirkan.



"Yang dibutuhkan hanyalah permintaan sederhana pada perawat ketika kami check in di rumah sakit dan mereka memastikan kami hanya melahirkan satu bayi saja saat itu," ujar Allison.

Di ruang operasi, para dokter dan perawat memasang tirai biru standar seperti biasa, tetapi dipasang juga tirai transparan di belakangnya. Saat para dokter sudah siap untuk menarik Bennett keluar, tirai biru diturunkan sehingga Allison dan suami bisa menyaksikan bayi laki-lakinya lahir.

"Untuk yang mual melihat darah (seperti suami Allison) tirai diatur untuk menyembunyikan lokasi operasi dan hanya memberikan pandangan Bennett yang diangkat dari perut saya. Kami sangat bersyukur dapat menyaksikan momen ini. Sama seperti dengan anak pertama kami, melihat bayi kami untuk pertama kalinya," tutur Allison.

Tujuan Allison dan suami tak lain adalah untuk nggak melewatkan bagian manapun dari pengalaman kelahiran yang indah, meskipun Allison harus menjalani operasi caesar. Berkat dokter, perawat, dan doula, akhirnya tercipta pengalaman melahirkan yang luar biasa dan indah.

Dengan tirai transparan, Allison menjadi peserta aktif dalam proses kelahiran bayinya. Dia bisa melihatnya saat bayinya keluar dari rahim. Dia bisa menyaksikan saat putranya mengambil napas pertamanya. Dia bisa melihat wajahnya, rambutnya, pipi dan kaki mungilnya. Aih, indahnya.

Cerita Ibu Lihat Proses Kelahiran Bayinya Melalui Operasi CaesarCerita Ibu Lihat Proses Kelahiran Bayinya Melalui Operasi Caesar/ Foto: Tracey Abney via Love What Matters


"Saya bisa memerhatikan tali pusar yang dipotong. Saya juga memerhatikan mata suami yang dipenuhi dengan air mata saat putra kami ditempatkan di dada saya. Itu semua memungkinkan karena tirai yang jernih ini. Sungguh pengalaman yang indah dan manis," tutup Allison.

Sebenarnya, nggak cuma Allison yang satu-satunya meminta tirai transparan saat operasi caesar. Fotografer kelahiran dan doula mereka, Tracy Abney, mengatakan bahwa dia juga salah satu yang menginginkannya. Hanya saja hal itu nggak terjadi padanya 13 tahun lalu saat ia melahirkan.

Terkait pemakaian tirai transparan, beberapa waktu lalu dikutip dari Daily Mail, ada seorang bidan yang mengeluarkan putranya sendiri via operasi caesar. Alasannya sama seperti Allison, bidan ini ingin melihat bayinya saat keluar dari rahimnya. Mungkin karena ia adalah bidan dan sudah berpengalaman jadi diizinkan oleh para dokter untuk menarik sendiri bayinya.

(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi