kehamilan

Perut Masih Saja Besar Usai Melahirkan, Ini Lho Sebabnya

Nurvita Indarini 25 Apr 2018
Perut Masih Saja Besar Usai Melahirkan, Ini Lho Sebabnya/ Foto: Dok. Getty Images Perut Masih Saja Besar Usai Melahirkan, Ini Lho Sebabnya/ Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Foto Kate Middleton yang mengenakan dress merah beberapa jam setelah melahirkan memperlihatkan bagian perut yang masih terlihat besar. Bukan cuma Kate Middleton yang mengalaminya, soalnya kebanyakan ibu-ibu memang perutnya masih terlihat besar meskipun sudah melahirkan.

Mungkin beberapa di antara kita bertanya-tanya, apa sih penyebab perut yang masih terlihat besar setelah melahirkan. Yuk kita cari tahu bersama penyebabnya.

Jadi gini, Bun, seorang ibu mengandung bayinya selama sembilan bulan. Nah, perut kita jadi jadi semacam 'tas' di mana ada rahim berisi bayi di dalamnya. Perut dan kulit kita juga nggak seelastis karet. Sehingga meskipun bayinya sudah keluar dari tubuh kita, nggak otomatis bikin perut langsung kecil.

Selain itu, bukan cuma perut saja yang membesar, Bun, tapi juga rahim. Ditambah lagi saat hamil mungkin kita memang jadi lebih banyak makan, sehingga otomatis lemak pun lebih banyak yang menumpuk, antara lain di area perut, selain sebagian lari ke si bayi.



Kita perlu ingat, Bun, rahim itu butuh waktu lama untuk menyusut. Maklum, sebelumnya rahim mengembang sedemikian rupa untuk menjadi tempat bersemayam janin. Saat kita hamil, rahim membesar, lalu naik di atas tulang kemaluan dan terdorong atau maju ke luar perut.

Tapi jangan sedih, setelah melahirkan, tubuh perlahan akan perlahan-lahan mengeluarkan sejumlah cairan melalui keringat, urine, dan cairan vagina. Dikutip dari Daily Mail, butuh waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk menghilangkan perut besar bekas baby bump.

Tapi sebenarnya penyusutan ukuran perut tergantung juga pada usia kita, ukuran bayi yang dilahirkan, cara kita melahirkan, kekuatan perut, dan berat badan kita sebelum kehamilan.

dr Michael Triangto, SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa sangat sulit untuk ibu yang baru saja melahirkan untuk kembali ke bentuk tubuhnya yang semula. Menurutnya, tak ada cara instan untuk membuat perut kembali langsing hanya dalam beberapa jam.



Memang ada program latihan dan olahraga yang dapat membantu ibu paska melahirkan untuk kembali memiliki bentuk tubuh yang indah. Hanya saja efeknya tentu tak akan terlihat hanya dalam beberapa jam.

Selain olahraga, menyusui juga bisa jadi cara untuk membakar kalori yang baik. Oh iya beberapa waktu lalu HaiBunda pernah menulis artikel tentang Tips Efektif Mengencangkan Kulit Perut Setelah Melahirkan, siapa tahu bermanfaat, boleh dibaca juga ya, Bun.

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi