kehamilan

Tips Efektif Mengencangkan Kulit Perut Setelah Melahirkan

Asri Ediyati 09 Okt 2017
Ilustrasi perut. /Foto: iStock Ilustrasi perut. /Foto: iStock
Jakarta - Pasca melahirkan, nggak semua ibu merasa maklum dengan kondisi perutnya. Mereka ingin kulit perutnya kembali kencang seperti semula.

Nah, perlu Bunda ketahui, nggak cuma olahraga lho yang bisa mengencangkan kembali kulit perut. Ada lagi cara lainnya. Berikut ini telah HaiBunda rangkum tips efektif mengencangkan kulit perut setelah melahirkan. Yuk, disimak bersama.

1. Minum Air yang Banyak

Air ibarat obat 'abadi' untuk tubuh kita semua. Nggak cuma menghidrasi kulit kita tapi juga membuat kulit kita menjadi elastis, bisa membakar kalori di dalam tubuh secara efisien dan tentunya membuat kulit menjadi sehat.

2. Menyusuilah Secara Terus-menerus

Yes! Menyusui bisa dibilang menjadi hal paling esensial bagi ibu dan anak. Terlepas dari fungsi utamanya sebagai sumber nutrisi bagi bayi, menyusui juga sangat memengaruhi kesehatan tubuh ibu.

Saat kita menyusui, kalori kita bertransformasi menjadi ASI yang bisa membantu mengurangi lemak berlebih pada tubuh kita. Ibu yang menyusui lebih cepat turun berat badannya dibandingkan ibu yang nggak menyusui.

Baca juga: Cara Ini Bisa Bantu Kurangi Stretch Mark pada Ibu Hamil

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Penting bagi ibu setelah melahirkan untuk memperbanyak aktivitas fisik. Sebelumnya, konsultasikan dulu ke dokter untuk memulainya. Aktivitas fisik yang setidaknya bisa dilakukan oleh ibu pasca melahirkan yakni jalan kaki tiap pagi, aerobik untuk melatih otot perut.

Jangan salah, pekerjaan rumah tangga bisa dijadikan aktivitas fisik lho, Bun, seperti menyapu dan mengepel lantai.

4. Konsumsi Protein

Protein itu penting untuk pertumbuhan sel otot. Protein juga mengandung kolagen yaitu nutrien penting untuk membantu mengencangkan kulit kita.

Perlu diingat, kadar konsumsi protein tergantung dari berat badan dan aktivitas fisik yang kita lakukan. Rata-rata kadar konsumsi protein yang perlu kita konsumsi sebesar 50 gram sehari.

5. Eksfoliasi Kulit secara Rutin

Cara lain yang baik untuk mengencangkan kulit perut kita adalah dengan mengeksfoliasi kulit dengan scrub. Kita bisa melakukan ini saat sedang mandi, Bun. Selain bisa mengencangkan kulit perut, bisa melancarkan peredaran darah, meregenerasi sel kulit yang baru dan tentunya sel kulit yang sehat.

6. Gunakan Losion dan Rutin Lakukan Massage

Sudah tersedia banyak losion yang mengandung kolagen, vitamin E, C, A, K di supermarket atau apotek. Pemakaian losion memang terkesan sepele tapi ternyata memiliki efek yang baik, lho, bagi kesehatan dan kekencangan kulit perut.

Kita bisa gunakan losion tersebut untuk massage atau memijat area perut. Fungsi memijat area perut adalah untuk melancarkan aliran darah. Lakukan pemijatan dengan losion setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang terbaik.

Baca juga: Akibat Kalau Bunda Sering Mengeluhkan Penampilan di Depan Anak


7. Jangan Melakukan Diet Berlebihan

Saat kita memilih untuk melakukan diet yang 'strict', berat badan kita mungkin turun drastis. Tapi ketika kita berhenti melakukan diet, berat badan kita akan naik kembali dengan cepat. Berat badan turun drastis juga nggak menjamin kulit perut jadi kencang.

Jadi, lebih baik kita menurunkan berat badan secara bertahap daripada secara drastis. Yang nggak kalah penting, jangan biarkan kita kurang makan atau kelaparan, kan kita juga harus memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil.

8. Jaga Pikiran Kita untuk Tetap Sehat

Terkadang ada perasaan kesal saat kita nggak bisa menghilangkan lipatan perut. Dalam keadaan seperti itu, menjaga pikiran dan perasaan agar tetap tenang adalah kunci utamanya dibalik pengembalian kulit perut kita.

Meskipun nggak berperan secara langsung, jika kita lebih rileks dan sabar, maka proses pengembalian kulit perut menjadi kencang akan lebih cepat. Sebaliknya, kalau kita cemas atau panik, semua hormon-hormon 'baik' di dalam tubuh kita malah nggak berfungsi secara maksimal.

Akan ada efek domino kalau hormon-hormon di tubuh nggak berfungsi, misalnya nih ASI nggak keluar, lalu bayi menjadi kurang asupan, berat badan kita nggak turun-turun, dan akhirnya kulit perut kita nggak akan kembali kencang. Duh, jangan sampai ya. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi