kehamilan

Tips Agar Ibu Hamil Nggak Lemas Saat Puasa

Asri Ediyati 19 Mei 2018
Tips Agar Ibu Hamil Nggak Lemas Saat Puasa (Foto: Ari Saputra/detikcom) Tips Agar Ibu Hamil Nggak Lemas Saat Puasa (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Di bulan Ramadan, ada lho ibu hamil yang dibolehkan puasa. Mungkin Bunda salah satunya? Nah, tentunya akan ada perbedaan nih kondisi berpuasa saat kita hamil dan nggak hamil.

Yang kita tahu, meskipun nggak berpuasa pun ibu hamil terkadang lemas, ditambah lagi jika berpuasa. Tenang, Bun, ada tips nih yang bisa dicoba supaya nggak lemas saat puasa dari dr Paulina Toding MGz SpGK dari Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta Utara.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Gizi Seimbang

Menurut dr Paulina, usahakan ibu hamil mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan pastinya dengan gizi seimbang. Saat sahur makan makanan yang tinggi serat contohnya nasi, roti gandum lalu buah, sayur, boleh ditambah jus buah. Nanti kita akan merasa kenyang lebih lama.

"Saat buka puasa, jangan langsung makan besar. Boleh makan dulu kurma atau kolak. Kolak jangan terlalu banyak demi menjaga selama hamil bobot naiknya nggak banyak. Setelah buah dan kurma, bisa makan lagi, makan besar. Dua jam kemudian mau cemilan kayak biskuit boleh," tutur dr Paulina.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat hamil, makanan dan minuman bukan untuk diri sendiri saja, Bun, melainkan si kecil yang berada di kandungan. Untuk itu dr Paulina menyarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kalau selama puasa kita jadi sering lemas bisa saja penyebabnya kekurangan cairan karena saat sahur nggak cukup minum. Ingat, sumber cairan nggak cuma dari air aja tapi juga buah juga sayur,

3. Pastikan Perut Terisi dengan Cukup

Segala sesuatu yang berlebihan memang nggak baik untuk tubuh kita. dr Paulina bilang, jika kita memiliki gastritis atau mag sebaiknya mengonsumsi susu, biskuit atau buah sebelum tidur atau sesudah salat tarawih. Tujuannya, supaya saat malam sebelum sahur lambung nggak terlalu kosong di mana kondisi ini memicu asam lambung naik.

4. Konsumsi Vitamin dari Dokter

Perlu vitamin nggak saat puasa? dr Paulina bilang, biasanya ibu hamil sudah dapat vitamin lengkap dari dokter kandungan. Nah, jika sudah diberikan oleh dokter, jangan lupa atau malas mengonsumsinya ya, Bun. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi