kehamilan

Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?

Melly Febrida 13 Jun 2018
Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?/ Foto: thinkstock Makin Banyak Anak, Benarkah Gigi Ibu Jadi Lebih Sedikit?/ Foto: thinkstock
Jakarta - Setelah menikah tentu kita berharap segera mendapat momongan. Sudah lahir satu anak, kita ingin punya dua anak. Lalu ingin punya tambahan anak lagi. Nah, konon semakin banyak anak, akan berdampak pada gigi sang ibu. Ya, gigi seorang ibu akan jadi lebih sedikit. Benarkah?

Kata ahli medis di 9News, dr Comilla Sasson, wanita yang pernah hamil tentu sadar kehamilan memengaruhi tubuhnya. Semakin banyak anak yang kita miliki, bisa berdampak pada gigi yang copot.

dr Comilla menjelaskan ibu yang memiliki dua anak dengan jenis kelamin yang sama, kemudian punya anak ketiga dengan jenis kelamin berbeda dikaitkan dengan kehilangan empat gigi. Hmm, apa sebabnya?

"Selama kehamilan, wanita mengalami peningkatan kadar hormon yang membuat mereka lebih rentan terhadap gingivitis, penyakit periodontal dan peningkatan risiko kerusakan gigi (dari makan lebih banyak karbohidrat dan atau muntah selama trimester pertama)," jelas dr Comilla.



Untuk menghindarinya, kita jangan melewatkan kunjungan ke dokter gigi sebelum, selama, dan setelah kehamilan ya.

Dikutip dari detikHealth, drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) mengatakan ketika hamil, perempuan lebih banyak memproduksi hormon estrogen. Nah, hormon estrogen bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitif, termasuk organ di dalam rongga mulut, yaitu gusi dan gigi.

"Nah hormon estrogen kan lagi aktif-aktifnya, hal ini memicu semuanya jadi sensitif termasuk dalam rongga mulut. Misalnya sebelum hamil giginya udah berlubang-lubang, nah bisa jadi ketika hamil jadi sakit atau malah bengkak gusinya," kata perempuan yang akrab disapa drg Rara ini.

Hmm, jadi karena pengaruh hormon saat kehamilan itu bisa berpengaruh pada gigi maka kita harus menjaga gigi baik-baik sebelum hamil ya, Bun. Kalau Bunda berencana hamil, ada baiknya segera memperbaiki gigi yang berlubang dan melakukan perawatan. Jangan lupa juga melakukan perawatan gigi seperti scaling selama enam bulan sekali ya.

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi