kehamilan

Cerita Hilary Duff Dikritik karena Makan Sushi Saat Hamil

Asri Ediyati Senin, 16 Jul 2018 - 17.20 WIB
Cerita Hilary Duff Dikritik karena Makan Sushi Saat Hamil/ Foto: Getty Images Cerita Hilary Duff Dikritik karena Makan Sushi Saat Hamil/ Foto: Getty Images
Los Angeles - Ketika hamil, maka akan bermunculan segala anjuran dokter dan nasihat dari orang-orang sekitar. Salah satunya pantangan untuk makan sesuatu. Baru-baru ini aktris dan penyanyi Hilary Duff memposting video di media sosialnya. Di video tersebut Hilary Duff tampak sedang makan sushi.

"Memiliki malam paling temaram dengan bayi ini di Tomoko Spa," tulisnya di Instagram.

Melihat Hilary Duff makan sushi, followers dan penggemarnya berduyun-duyun mengomentari ibu yang tengah hamil besar itu. Meskipun belum bisa dipastikan apakah Hilary mengonsumsi ikan mentah, warganet masih merasa perlu menegur Hillary karena apa yang dia lakukan dianggap membahayakan bayinya yang belum lahir.

"Sushi vegetarian saja yang saya harap kamu makan. Tidak ada sushi mentah saat hamil," komentar seorang netizen.

[Gambas:Instagram]


Akan tetapi nggak sedikit penggemar lain yang membela Hilary Duff. Mereka bilang Hilary mungkin sadar betul bahwa wanita hamil lebih berisiko keracunan makanan.

Seorang penggemar berkomentar, "Saya yakin dia cukup pintar untuk tahu apa yang dia bisa dan tidak bisa makan. Bukan berarti dia bodoh atau hamil untuk pertama kalinya."

Terkait makan sushi saat hamil, apakah dilarang? Jawabannya tergantung, Bun. Tergantung apakah sushi tersebut memakai daging ikan mentah atau matang. Hal ini karena sekarang banyak sushi yang isinya sudah matang. Namun, hal itu perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Lalu bagaimana dengan yang mentah? Menurut Food and Drug Administration (FDA), American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), makan sushi mentah itu dilarang karena ikan yang belum dimasak lebih mungkin mengandung parasit dan bakteri termasuk listeria yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit bawaan makanan. Bakteri ini juga berpotensi membahayakan bayi yang sedang tumbuh.

"Karena wanita hamil memiliki sistem kekebalan yang lemah, mereka lebih rentan terhadap bakteri dan parasit yang ada di ikan mentah jika ikan tidak dimasak dengan benar," jelas Candice Wood MD, seorang dokter di Banner-University Medical Center Phoenix, dilansir The Bump.

Pertanyaan tentang apakah makan sushi saat hamil aman memang menimbulkan pendapat berbeda dan beberapa orang percaya mengonsumsi ikan mentah dari restoran terkemuka berisiko rendah membuat ibu hamil terinfeksi bakteri. Tetapi kebanyakan dokter dan panduan resmi menyarankan calon ibu untuk menghindari sushi yang tidak dimasak.

"Tentu saja kualitas restoran harus memastikan penanganan ikan yang tepat, tetapi itu tidak dapat menjamin bahwa itu aman untuk dimakan. Yang paling aman untuk ibu dan bayinya adalah menghindari ikan mentah saat hamil," tutup Candice.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi