kehamilan

2 Hal Sepele yang Disebut Berpotensi Bahaya bagi Janin

Asri Ediyati Rabu, 18 Jul 2018 - 07.10 WIB
2 Hal Sepele yang Disebut Berpotensi Bahaya bagi Janin/ Foto: thinkstock 2 Hal Sepele yang Disebut Berpotensi Bahaya bagi Janin/ Foto: thinkstock
Illinois,Chicago - Saat hamil tentu kita ingin yang terbaik untuk kesehatan janin dan diri sendiri. Tapi, disebutkan ada dua hal sepele yang bisa dilakukan ibu hamil dan berisiko membahayakan janin, Bun.

Tim dari University of Illinois, Chicago membuat riset tentang pengaruh serta risiko memanaskan makanan dalam wadah plastik dan memakai parfum pada wanita hamil. Tim tersebut memanggang kue yang dicampur dengan phthalates, bahan kimia yang digunakan dalam plastik dan wewangian yang diketahui memengaruhi cara kerja hormon. Mereka memberi kue itu ke tikus hamil dan menyusui.

Ditemukan ketika keturunan tikus mencapai usia dewasa, mereka nggak cerdas secara kognitif seperti anak tikus lain yang nggak terpapar bahan kimia phthalates saat di kandungan. Penulis utama Dr Janice Juraska, seorang profesor psikologi di departemen neuroscience, mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia terkejut dengan dampaknya. Dia menyarankan wanita hamil untuk menghindari plastik dan wewangian dalam bentuk apa pun.

"Kami ingin menciptakan kenyamanan kehidupan modern," kata Juraska.

Juraska, yang telah menghabiskan puluhan tahun untuk melihat bagaimana hormon memengaruhi perkembangan dan perilaku otak bekerja sama dengan rekannya Dr Susan Schantz yang mempelajari gangguan endokrin dalam produk modern yakni wadah plastik dan parfum.



"Racun yang terkandung di plastik dan parfum itu memengaruhi kemampuan anak tikus (obyek penelitian) untuk menjadi fleksibel," kata Juraska.

Dalam penelitian tikus-tikus itu ditaruh di dalam labirin. Ketika bentuk labirin diubah, tikus yang terpapar zat kimia lebih lama sadar bahwa jalannya berubah dibanding tikus yang belum terpapar bahan kimia. Demikian dikutip dari jurnal JNeurosi yang diterbitkan hari Selasa (17/7).

Sekarang, Juraska dan Susan sedang berusaha menentukan jenis phthalates tertentu yang sering digunakan di plastik dan sangat merusak korteks pra-frontal di otak. Ya, walaupun mereka mengakui kita tidak akan bisa menghindari bahan kimia tersebut sepenuhnya.

"Temuan ini bersifat jangka panjang. Perlu ada penjelasan dan penyuluhan pada wanita hamil. Saran saya adalah agar wanita hamil menghindari plastik, hindari pemanasan dengan plastik dan hindari wewangian dan penyegar udara. Tanpa aroma semuanya lebih baik, karena wewangian sering mengandung bahan kimia ini," tambah Juraska.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi