kehamilan

Penyebab Bibir Menebal Saat Hamil Seperti Dialami Khloe Kardashian

Asri Ediyati Kamis, 09 Agu 2018 - 12.52 WIB
Penyebab Bibir Menebal Saat Hamil Seperti Dialami Khloe Kardashian/ Foto: Dok. Instagram/Khloe Kardashian Penyebab Bibir Menebal Saat Hamil Seperti Dialami Khloe Kardashian/ Foto: Dok. Instagram/Khloe Kardashian
Jakarta - Saat Khloe Kardashian hamil putri pertamanya, True Thompson, ia mengalami beberapa keluhan. Salah satunya adalah bibir yang menebal. Khloe mencurahkan perasaannya di media sosial bahwa bibirnya tebal bukan karena suntik filler tapi karena membengkak.

"Saya hamil dan beberapa wanita mendapatkan pregnancy lips. Saya adalah salah satu dari mereka. Jadi bibir saya terlihat besar dan tebal. Percayalah pada saya, saya tahu dan saya sebenarnya benci dengan hal ini. Pembengkakan terjadi pada tubuh dan wajah saat hamil dan itu di luar kendali saya," kata Khloe Kardashian di Instagram.

Memang sih, jarang ibu mengalami bibir menebal saat hamil. Akan tetapi ada lho alasan ilmiahnya terkait bibir yang menebal saat hamil, Bun. Hal ini disampaikan oleh dr Sherry A Ross, ahli kesehatan wanita dan penulis buku 'The Definitive Guide to Women's Intimate Health Period'. Menurutnya itu adalah hal yang wajar mengingat semua anggota tubuh wanita ikut membesar saat hamil.

"Pembengkakan adalah bagian normal dari kehamilan dan itu terjadi di hampir setiap bagian tubuh termasuk bibir. Kulit wanita terlihat bersinar selama kehamilan sebagai akibat dari peningkatan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh, termasuk wajah, hidung dan bibir," kata dr Sherry dikutip dari People.



dr Sherry menambahkan bibir tebal bisa jadi efek samping kehamilan yang positif. Bibir para ibu hamil yang membengkak akan kembali normal dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

"Begitu kita melahirkan, tubuh kita akan mengempis dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan, seperti halnya bibir yang membengkak," lanjutnya.

Namun, bibir yang menebal selama kehamilan tampaknya jarang terjadi. Menurut pengakuan dr Mary Jane Minkin, seorang profesor kebidanan di Yale, ia bahkan belum pernah mendengar 'pregnancy lips'. Ia bilang, "Saya kira itu bisa terjadi pada seseorang. Tapi yang jelas bukan masalah umum."

Bunda gimana? Pernah mengalami bibir menebal saat hamil seperti Khloe Kardashian?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi