kehamilan

Alasan Khloe Kardashian Jarang Timbang Berat Badan Saat Hamil

Asri Ediyati 12 Jan 2018
Alasan Khloe Kardashian Jarang Timbang Berat Badan Saat Hamil/ Foto: (instagram Khloe Kardashian) Alasan Khloe Kardashian Jarang Timbang Berat Badan Saat Hamil/ Foto: (instagram Khloe Kardashian)
- Menimbang berat badan secara rutin saat hamil penting. Tapi, Khloe Kardashian punya pandangan beda nih, Bun. Makanya, Khloe mengaku jarang menimbang berat badannya selama hamil.

Dalam sebuah postingan yang ia bagikan di aplikasi pribadinya, Khloe With a K pada hari Rabu (10/1) lalu, dia menjelaskan kenapa nggak menimbang berat badannya. Secara pribadi, Khloe bilang dia nggak terlalu percaya pada timbangan.

"Saya pikir mereka bisa benar-benar kontraproduktif. Otot itu lebih berat dari lemak! Tapi otak kita tidak akan menghitungnya. Alhasil kita bersikap sangat keras terhadap diri sendiri padahal sebenarnya kita sehat-sehat saja," kata Khloe dikutip dari US Weekly.

Wanita 33 tahun ini bilang kalau dirinya nggak keberatan kalau orang lain rutin menimbang berat badannya karena itu adalah hak mereka. Memang, untuk mengetahui seberapa berat badan itu penting. Tapi menurut Khloe jangan terlalu memikirkan berat badan ketika tidak sesuai dengan harapan. Sementara itu, dia juga mengingatkan penggemarnya bahwa tubuh setiap orang berbeda dan tidak perlu dibanding-bandingkan.

"Kita juga cenderung membandingkan berat badan kita dengan orang lain. Ini sangat penting untuk diingat bahwa tidak ada dua tubuh orang yang sama. Dan kita semua memiliki tujuan yang berbeda," tutur Khloe.

Sejak kabar kehamilan pertamanya dengan Tristan Thompson, Khloe berbagi tips kebugaran dan meng-update tentang kondisi kehamilannya di aplikasi dan media sosialnya. Dia juga menulis di Twitter untuk membalas kritikan netizen tentang dirinya yang masih nge-gym padahal sedang hamil.

"Bagi orang-orang yang jadi dokter dadakan. Dengar, saya telah berkonsultasi dengan dokter kandungan saya, malah olahraga tersebut sangat dianjurkan. Terima kasih semuanya," tulis Khloe di laman Twitternya.

Soal menimbang berat badan saat hamil, dr Verawati S, SpGK atau dr Vera dari RS Kemang Medical Care (KMC) malah menganjurkan para ibu untuk memiliki timbangan di rumah. Dengan begitu, ibu bisa secara rutin menimbang dan mengetahui bila berat badannya bertambah atau berkurang secara berlebihan.

"Sebaiknya punya timbangan ya di rumah, jadi timbang berat badan jangan pas cek ke dokter saja. Kan biasanya sebulan sekali kontrol, berarti sebulan sekali juga timbangnya. Yang begini bikin berat badan susah dikontrol," tutur dr Vera dikutip dari detikHealth.

Jika sudah memiliki timbangan di rumah, dr Vera berpesan ibu sebaiknya menimbang berat badan setidaknya sekali seminggu. Tidak perlu setiap hari. Ia juga menganjurkan untuk menimbang berat badan setiap hari Senin. Soalnya biasanya akhir pekan kita kan suka jalan-jalan dan makan di luar rumah ya, Bun. He-he-he.

Hmm, kalau dipikir-pikir ada benarnya juga nih kata Khloe untuk nggak terlalu memikirkan komentar orang-orang terhadap diri kita yang lagi hamil. Soalnya, kalau kita stres memikirkan orang justru nggak baik buat kesehatan diri sendiri dan si kecil di kandungan. Kalau Bunda, pas lagi hamil rutin menimbang berat badan nggak?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi