kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate Kambing?

dr Jolinda Johary Sabtu, 17 Nov 2018 - 17.33 WIB
Ilustrasi sate kambing/ Foto: go dok Ilustrasi sate kambing/ Foto: go dok
Jakarta - Ngidam saat hamil wajar dialami ibu hamil. Tapi, kalau ibu hamil ingin makan sate kambing bisa timbul kekhawatiran nih. Pasalnya, sate kambing dikenal dapat menyebabkan darah tinggi dan penyakit lain.

Nah, bagaimana dampaknya jika ibu hamil makan sate kambing? Pada dasarnya, semua makanan yang dimasak dengan cara pembakaran mengandung zat karsinogenik pemicu pertumbuhan sel kanker, termasuk pada sate.

Jadi, baik ibu hamil atau anak muda, harus menjaga porsi konsumsi sate kambing agar zat karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh nggak terlalu banyak. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi sate kambing bisa meningkatkan risiko infeksi toksoplasma, sembelit, tekanan darah tinggi dan kolesterol, lho.

Namun, dengan porsi yang tepat, daging kambing bisa menjadi solusi bagi ibu hamil yang mengalami anemia. Soalnya, Bun, daging kambing dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah. Sehingga, dapat meningkatkan suplai darah ke janin karena mengandung jumlah zat besi yang tinggi, yaitu 3 mg zat besi per 100 gram daging kambing.



Hal ini dapat membantu proses sirkulasi darah. Lalu, bagaimana tips dalam memilih sate kambing untuk ibu hamil?

Ilustrasi sate kambing untuk ibu hamilIlustrasi sate kambing untuk ibu hamil/ Foto: Istimewa
1. Pilihlah daging yang higenis dan masih segar
2. Pastikan daging dimasak dengan suhu 160 derajat 71 derajat Celsius hingga matang. Pasalnya, daging kambing rentan terinfeksi bakteri jenis toksoplasma, yang dapat menyebabkan bayi cacat lahir atau lahir prematur.
3. Usahakan daging dimasak hingga matang sehingga warnany nggak lagi merah muda.
4. Jangan konsumsi daging kambing yang dimasak setelah berada di luar kulkas selama lebih dari 2 jam.
5. Hindari penggunanaan penyedap rasa. Sebagai alternatif, cukup tambahkan kecap dan bawang merah sebagai pelengkap sate
6. Karena daging kambing berpotensi untuk menyebabkan ibu hamil mengalami masalah pencernaan atau diare, maka imbangilah dengan memakannya bersama sayuran atau lalapan.

Jadi, sah sah saja ibu hamil mengonsumsi sate kambing asalkan dengan porsi yang tepat dan diimbangi dengan sayur dan buah, ya!

*dr Jolinda Johary saat ini bergabung dengan go dok.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi