kehamilan

Cara Racun Kosmetik Masuk ke Janin, Bunda Perlu Waspada

Zika Zakiya Rabu, 05 Des 2018 - 16.01 WIB
Cara racun kosmetik masuk ke janin/ Foto: iStock Cara racun kosmetik masuk ke janin/ Foto: iStock
Jakarta - Jangan sembarang menggunakan kosmetik saat Bunda lagi hamil ya. Karena ada beberapa zat dalam kosmetik, yang tidak baik untuk janin.

Mungkin sebagian Bunda bertanya, 'Bagaimana caranya kandungan kosmetik bisa berpengaruh ke janin?". Dikatakan dr.Liva Wijaya SpOG dari RS.Mitra Kemayoran, bahwa zat ini berawal dari paparan di wajah.

Kosmetik ilegalKosmetik ilegal Foto: Hilda Meilisa Rinanda


"Pembuluh darah di muka itu lumayan banyak. Jadi saat ada zat yang terpapar ke kulit wajah, masuk ke pembuluh, maka bisa berpengaruh ke janin," kata dr.Liva dalam perbincangan dengan HaiBunda, Rabu (5/12).

"Janin yang terpapar kandungan kosmetik oplosan bisa mengalami degradasi mental di mana saat lahir nanti akan mengalami kemunduran intelektual. Atau bahkan kecacatan organ, kelainan bentuk mata, hingga kelainan bentuk kaki dan tangan," tambah dr.Liva.


Kosmetik dengan kandungan zat berbahaya memang tengah menjadi pembicaraan, Bunda. Pasalnya, sudah tertangkap lagi produsen kosmetik ilegal dan obat kecantikan oplosan di Kediri, Jawa Timur. Ternyata produsen ini menghasilkan produk kecantikan lewat campuran produk asli dari brand lain dengan produk buatan mereka sendiri.


"Sebenarnya kandungan zat dalam kosmetik ada yang berbahaya ada yang tidak. Tapi yang tidak berbahaya itu pun harus dalam dosis yang aman. Lha ini kan kosmetik oplosan nggak jelas dosisnya," papar dr.Liva lagi.

Kosmetik ilegalKosmetik ilegal Foto: yoga detikhealth


Untungnya Bunda-bunda masa kini sudah cerdas, karena sudah lebih dulu berkonsultasi pada dokter saat tahu sedang mengandung. Ditambahkan dr.Liva ada tips aman menggunakan kosmetik saat hamil.

"Pilih kosmetik yang terdaftar di BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan). Jika memang obat itu dari dokter kulit, harus konsultasi ke dokternya untuk disesuaikan dengan dosis ibu hamil," tegas dr.Liva. (ziz/rap)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi