kehamilan

Berharap Program Bayi Tabung Sukses, Ratu Felisha Terapi Akupunktur

Asri Ediyati Kamis, 10 Jan 2019 - 17.01 WIB
Berharap Program Bayi Tabung Sukses, Ratu Felisha Terapi Akupunktur/ Foto: Dok. detikHOT Berharap Program Bayi Tabung Sukses, Ratu Felisha Terapi Akupunktur/ Foto: Dok. detikHOT
Jakarta - Bunda, masih ingat dengan Ratu Felisha? Lama nggak terdengar kabar, rupanya pesinetron cantik itu sedang berencana untuk mendapatkan momongan lho, Bun.

Kini, artis yang biasa disapa Feli itu berencana melakukan program bayi tabung untuk yang kedua kalinya. Setelah dua tahun lalu sempat gagal, Feli akan memulai program In Vitro Fertilisation (IVF) pada Februari mendatang.

Sebelumnya pada 2016 lalu, Feli dan suami sudah pernah mencobanya namun gagal, Bun. Sempat trauma, Feli memilih untuk berhenti sementara waktu.

"September 2016 aku program IVF (In Vitro Fertilisation) dan gagal, butuh 2 tahun lebih untuk ngilangin rasa traumaku, dan insya Allah Februari ini aku mau coba lagi," ujarnya di Instagram Story.

Feli sendiri nggak tahu penyebab program bayi tabungnya gagal. Namun, dia berusaha untuk selalu berpikir positif seperti kemungkinan belum diberi rezeki gitu, Bun.
Ratu Felisha/ Ratu Felisha/ Foto: Dok. detikHOT


"Aku juga nggak tahu kenapa.. mungkin emang belum dikasih aja," tuturnya.

Belajar dari pengalamannya yang lalu, kini Feli menambahkan terapi hypnoterapi dan akupunktur sebelum mulai program bayi tabung. Ia menjalani hypnoterapi sebagai salah satu jalan untuk mengembalikan rasa traumanya.

Semoga program bayi tabungnya berjalan lancar ya Feli! Bicara soal terapi akupunktur sebelum program bayi tabung, menurut studi yang dilakukan di Australia dan Selandia Baru, nggak ada perbedaan dalam keberhasilan kehamilan antara mereka yang menggunakan terapi akupunktur dan yang nggak menjalaninya.

Percobaan ini diuji pada lebih dari 800 wanita yang mencoba hamil menggunakan IVF (In Vitro Fertilization) atau bayi tabung. Meski NHS nggak merekomendasikan wanita yang ingin hamil menjalani akupunktur, diperkirakan banyak yang menggunakannya lho.

"Perbedaannya nggak terlalu signifikan. Secara statistik tak ada pengaruh akupunktur yang signifikan dalam meningkatkan peluang kehamilan, namun ada manfaat psikososial dari akupunktur yang dilaporkan oleh perempuan yang menjalani IVF," kata Profesor Caroline Smith, ketua peniliti dikutip dari Telegraph.

Namun, profesor penelitian klinis di National Institute of Complementary Medicine ini mengatakan akupunktur mungkin masih bermanfaat untuk tujuan relaksasi.

"Beberapa penelitian menunjukkan peluang kehamilan lebih besar ketika perempuan melakukan akupunktur meski dia tidak sedang melakukan proses bayi tabung," tutup Caroline.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi