kesehatan

Masih Bayi, Tapi si Kecil Sudah Disunat

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 30 Sep 2017 - 07.00 WIB
Ilustrasi bayi/Foto: dok.HaiBunda Ilustrasi bayi/Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Pada anak laki-laki sunat jadi hal yang penting dilakukan. Biasanya, anak disunat saat dia berusia sekolah. Tapi, gimana ya kalau sunat dilakukan saat anak masih bayi dan umurnya belum genap satu tahun?

Seperti yang dilakukan pasangan aktor Donny Michael dan Aryani Fitriana. Dalam akun Instagramnya, @donnymichael, Donny mengunggah foto Aryani bersama si kecil Alem Isco Zeroun Haub atau Isco yang akan genap berumur 6 bulan di tanggal 3 Oktober mendatang. Di foto itu, terlihat Isco duduk tenang di stroller, pakai tutup kepala hijau yang umum dipakai saat proses bedah.

Sama kayak Isco, sang bunda, Aryani juga pakai topi hijau. "Kesayangan mama papa mau sunat nii.." tulis Donny. Disunatnya Isco ini mendapat perhatian dari warganet. Ada yang lebih fokus ke beraninya Isco karena kecil-kecil sudah disunat, ada juga warganet yang mendoakan supaya si kecil Isco cepat pulih dan jadi anak yang saleh.

Tapi, nggak cuma itu. Ada juga warganet yang sangsi kok Isco yang masih bayi sudah disunat. Seperti akun @harim_alaydrus yang berkomentar bukannya kalau anak laki-laki disunat saat umur 5 tahun? Menurutnya, yang disunat saat usia bayi adalah anak perempuan.

Bicara soal sunat pada anak laki-laki, dari sisi medis sebenarnya nggak ada patokan khusus kapan atau di usia berapa idealnya harus disunat. Dalam wawancara dengan detikHealth, dr Arry Rodjani SpU dari RS Asri Jakarta bilang umur berapapun, anak bisa disunat. Keputusan ini tergantung dari si anak dan keluarganya.

Baca juga: Apakah Anak dengan Fimosis Pasti Harus Segera Disunat? Ini Kata Dokter

Dikatakan dr Arry, asalkan penis anak normal, tidak terlalu kecil atau mengalami masalah lain pada penis, anak bisa saja disunat saat masih bayi. Yang perlu diingat, setelah anak disunat, bisa ada risiko infeksi nih, Bun. Untuk itu, penting banget nih memperhatikan perawatan pasca si kecil disunat supaya dia terhindar dari infeksi.

dr Ponco Birowo SpU, PhD menyarankan setelah disunat, sebaiknya anak jangan banyak bergerak supaya luka khitan tidak berdarah lagi. Nah, setiap kali anak pipis dan luka sunatnya kena air kencing, harus dikeringkan dengan cara dilap pakai tisu kering atau kasa steril.

"Pas mandi supaya lukanya nggak kena air, bisa diakali dengan ditutupi pakai mangkok. Rutinitas saat buang air kecil, buang air besar dan mandi itu dilakukan sekitar satu minggu. Saat tidur baiknya anak tidak berada dalam posisi tengkurap atau memeluk guling sehingga tidak terjadi luka pada kepala penis," kata dr Ponco.

Sementara, dr Eddy Karta SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan mengungkapkan kalau sunat banyak sekali manfaatnya. Namun kata dr Eddy, yang sudah pasti sunat bermanfaat mencegah kanker penis, dan mencegah infeksi pada penis. Memang, ada satu penelitian yang menyatakan sunat dapat membuat mengurangi risiko infeksi HIV, tapi kata dr Eddy itu belum bisa dipastikan atau belum jelas.

Baca juga: Anak Tiba-tiba Minta Sunat, Hanya Ikut-ikutan Teman Atau Memang Sudah Siap?

[Gambas:Instagram]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi