kesehatan

Selamat Jalan Adam Fabumi, Terima Kasih Telah Menginspirasi Kami Semua

Amelia Sewaka 23 Nov 2017
Adam Fabumi/ Foto: Instagram Adam Fabumi/ Foto: Instagram
Jakarta - Belum habis ingatan kita tentang Adam Fabumi, bayi yang terkena kondisi langka Trisomy 13. Di usia muda, Adam harus berjuan untuk bisa bertahan. Tapi, takdir berkata lain. Yang Maha Kuasa memanggil si kecil Adam Rabu (22/11) kemarin. Sekarang, kamu udah tenang Di sana dan nggak merasakan sakit lagi ya, Nak.

Adam Fabumi lahir pada April 2017 lalu. Saat lahir, Adam didiagnosis penyakit langka Trisomy 13 atau Patau Syndrome. Sindrom ini memengaruhi perkembangan otak bayi karena saluran pembuangan cairan otak dalam kepala nggak terbentuk. Nah, kelainan itu membuat Adam harus pakai selang trakeostomi atau ventilator untuk membantunya bernapas.

Trisomy 13 merupakan kelainan genetik yang terjadi pada bayi yang memiliki kelebihan kromosom pada kromosom 13. Mereka yang memiliki kondisi ini umumnya punya kelainan jantung, saraf otak, dan beberapa kelainan lain. Sebelum didiagnosis Trisomy 13 saat berumur satu bulan, Adam Fabumi juga didiagnosis Dandy walker syndrome yaitu kelainan bawaan otak yang melibatkan otak kecil dan berisi cairan, saat berusia lima bulan di kandungan.

Adam Fabumi pun menjadi inspirasi semua orang, termasuk anak-anak yang bernasib sama atau anak yang punya penyakit langka. Bahkan beberapa publik figur pun mengungkapkan rasa kehilangan atas berpulangnya si kecil Adam Fabumi. Misalnya aja RAN, Yura Yunita, Udjo Project-pop, Vidi Aldiano, Tantri Syahlindri, Tya Ariestya. Bahkan RAN dan Yura juga sempat membuatkan lagu untuk Adam lho, judulnya 'Melawan Dunia'.

"Malam ini kami khususkan untuk melayat ke rumah #LudiDanRatih. Walaupun sedih, mereka berdua terlihat sangat tegar sekali," tulis akun official RAN, @Ranforyourlife.

Nggak lupa, masing-masing anggota RAN juga mengunggah ucapan bela sungkawa untuk Adam di akun pribadi mereka. "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Selamat jalan @adamfabumi sayang. Terima kasih telah menginspirasi kami semua. Sungguh amat manis dan berharga perjalananmu di dunia ini. We all love you so much.Stay strong #LudiDanRatih #TerimaKasihAdam," tulis Rayi di Instagram-nya @rayiputra26.

Sementara itu, personel RAN lainnya, Asta bilang ini bukan seberapa lama Adam hadir di dunia, tapi seberapa besar yang telah bocah itu berikan untuk menginspirasi kita semua. Selamat jalan @adamfabumi. Nino bersyukur akhirnya dia bisa mencium Adam. Nino pun berharap Adam bisa bikin seisi surga tersenyum.

"Innalillahi wa innailaihi Rajiun. Selamat jalan Adam Fabumi. Terima kasih telah mengajarkan banyak hal termasuk cinta dan inspirasi kepada kami. We love you. Stay Strong #LudidanRatih Al-Fatihah. #TerimaKasihAdam," tulis Asta dengan akun @astaandoko

[Gambas:Instagram]


Di akun Instagramnya @tantrisyalindri, vokalis 'Kotak' Tantri Syalindri bilang ke si kecil Adam selamat bersenang-senang sekarang. Kata Tantri, Adam sudah bisa minum susu tanpa selang, makan enak dan bisa ketawa-ketawa. Selamat jalan Adam, si anak hebatnya mama Ratih dan papa Ludi. Menurut Tantri, walaupun dia nggak punya hubungan darah sama keluarga Ratih dan Ludi, dia sangat terinspirasi. "Orang tua yang hebat dan anak hebat! Innalillahiwainnailiaihi rojiun, kirimkan Al-Fatihah untuk Adam yuk," tulis Tantri.

"Anak ini bagaikan malaikat yg membagikan segala kebaikan ke orangtua nya dan orang tuanya pun membagi kebaikan tersebut ke banyaaaaakkk sekali orangtua lainnya. Awal kenal adam itu Ayah nya Kanaka yg kasih tau, krn Ayah Kanaka lbh duluan liat kisah & perjuangan hebat Adam lewat medsos. Sampai akhirnya dpt kesempatan buat ketemu org tua hebat nya adam @ratihmegasari & suami," tulis Tya Ariestya di akun Instagram-nya @tya_ariestya.

Tya melanjutkan kalau dia sempat banyak ngobrol sama Ratih dan Ludi soal kondisi Adam Fabumi. Tapi, nggak ada sedikit pun raut putus asa di wajah pasangan itu. Yang ada cuma energi positif di diri merka. Kata Tya, banyak banget pelajaran berharga yang bisa dirninya ambil dari keluarga kecil itu.

"Kami sayang @adamfabumi tapi ternyata DIA lebih sayang dgn adam. Adam pasti bahagia ditempatNya, insyaallah surga tempat Mu nak, semoga org tua adam disini diberi kekuatan, ketabahan & kebahagiaan yg berlipat ganda. Innalillahi Wa innalillahi rajiun, Alfatihah..." kata Tya.

[Gambas:Instagram]


Yura Yunita, juga menyampaikan bela sungkawa yang amat dalam, Bun. "Innalillahi Wainna ilaihi rojiun... Hai Adam adik jagoanku, baru aja kemaren rasanya kita ketemu, liat semangatnya kamu, liat senyum kamu saat kita bikin video clip dan kita rilis video lagu kita. Hari ini Kak Yura harus ditinggalkan kamu untuk bahagia di tempat lain selamanya. Kak Yura yakin Adam sekarang sudah tersenyum lagi, sudah tidur makin nyenyak… yang paling penting Adam sudah gak sakit lagi" tulis Yura di akun Instagramnya.

Yura melanjutkan kalau kita semua sayang sekali sama Adam. Yura juga mengucapkan terima kasih ke Adam karena bocah itu udah mengajarkan cara mencintai dan Adam udah jadi inspirasi kita semua untuk sabar, kuat dan ikhlas dalam melawan sesuatu. Yang paling berharga, kata Yura, Adam mengajarkan syukur dan pelajaran kalau sakit pasti akhirnya bahagia. Buat Yura, Adam akan selalu jadi malaikat kecilnya.

Udjo project pop juga ikut mengutarakan kesedihannya akan kepergian Adam Fabumi. "Heyyyy ganteng....selamat jalan ya sayang...You @adamfabumi dan your super parents #ludidanratih ..beneran inspirasi gw...You guys truly heroes....Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Rest in Love Super Adam Stay strong Ludi dan Ratih! Have a great fun up there, heaven's waiting, anak ganteng" tulis Udjo di akun @udjudj.

Terima kasih Adam Fabumi. Kamu bisa jadi inspirasi buat semua orang dengan semangat hidupmu yang luar biasa. Selamat jalan, Nak. Bersenang-senanglah Di sana. HaiBunda juga turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk Ayah Ludi dan Bunda Ratih. Terima kasih. Lewat perjalanan hidup keluarga kalianlah inspirasi dan pelajaran untuk nggak mudah menyerah dalam hidup itu hadir.

Saksikan video 20detik untuk melihat suasana pemakaman Adam Fabumi di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi