kesehatan

Hiks, Trombosit Anak Atiqah Hasiholan Turun Gara-gara Sakit Batuk Pilek

Asri Ediyati Kamis, 13 Des 2018 - 19.59 WIB
Hiks, Trombosit Anak Atiqah Hasiholan Turun Gara-gara Sakit Batuk Pilek / Foto: Instagram @atiqahhasiholan Hiks, Trombosit Anak Atiqah Hasiholan Turun Gara-gara Sakit Batuk Pilek / Foto: Instagram @atiqahhasiholan
Jakarta - Atiqah Hasiholan tengah dirundung kesedihan. Putri semata wayangnya, Salma Jihane Putri Dewanto tengah dirawat di rumah sakit. Hasil diagnosis dokter menyebutkan jika Salma terkena sakit batuk pilek atau influenza. Namun sedihnya, hal itu mengakibatkan jumlah trombosit darah Salma menurun.

"Baru tahu kalo virus batuk pilek ternyata bisa nyerang trombosit jadi rendah... be careful ya semuanya.. get well soon anakku sayang," tulis Atiqah Hasiholan di Instagram.

Sedih ya, Bun, melihat anak terkulai lemas karena sakit. Semoga cepat sembuh ya Salma! Robert G. Lerner, MD dari Westchester County Medical Society, California, mengatakan jika influenza atau batuk pilek memang bisa menurunkan jumlah trombosit.

[Gambas:Instagram]


Robert yang merupakan Kepala Hematologi and Hemostasis, menjelaskan ia pernah memiliki pasien yang sakit flu tapi gejalanya di luar gejala umum.

"Kami melihat seorang wanita berusia 41 tahun yang datang ke ruang gawat darurat dengan batuk, demam, menggigil, hidung meler, dan nyeri otot yang tidak membaik setelah minum antibiotik selama tiga hari. Ketika profil darah rutin pasien kami menunjukkan jumlah trombosit yang rendah," kata Robert dikutip dari The Doctor Will See You Now.

Robert dan tenaga medis melakukan tes ulang darah pasien di pagi hari. Lalu, hasilnya makin parah bahwa jumlah sel darah merahnya rendah, jumlah sel darah putihnya rendah dan jumlah trombositnya semakin menurun. Untungnya, mereka juga telah melakukan tes untuk influenza.

"Hasilnya bahwa dia (pasien) benar-benar memiliki virus influenza," ujar Robert.

Selain infeksi virus flu, faktor yang menyebabkan kadar trombosit menurun adalah leukemia (kanker darah), beberapa jenis anemia dan pasien sedang tahap pengobata (medikasi). Demikian dikutip dari Mayo Clinic.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi