menyusui

Bunda, Ternyata Menyusui Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Nabilla Putri Selasa, 22 Jan 2019 10:53 WIB
Bunda, Ternyata Menyusui Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Jakarta - Hampir semua bunda punya resolusi yang sama setelah melahirkan si kecil, yakni menurunkan berat badan yang naik saat masa kehamilan atau mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil. Tahukah Bunda bahwa menyusui bisa membantu menurunkan berat badan?

Dokter umum yang pernah menempuh pendidikan Masters By Research di Newcastle University, dr Sara Elise Wijono, membenarkan pernyataan tersebut. Bunda perlu tahu, tubuh akan membakar lebih banyak energi dalam bentuk kalori ketika menyusui.

"Selama dua bulan pertama, pemberian ASI eksklusif memakan kurang lebih 595 kalori per hari. Seiring pertumbuhan bayi, jumlah tersebut akan meningkat hingga mencapai 695 kalori per hari," papar dr Sara, yang juga merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dalam keterangan tertulis.

Semasa kehamilan, lanjut dr Sara, penumpukan lemak tak bisa dihindari terutama pada tubuh bagian bawah. Namun saat menyusui, lemak akan dimobilisasi untuk menghasilkan ASI yang mendukung perkembangan otak bayi. Berikut tips agar menyusui efektif menurunkan berat badan.

Beri ASI eksklusif

Bunda bisa mengembalikan berat badan sebelum hamil jika memberikan ASI eksklusif. Studi penelitian dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengungkapkan, bunda yang menyusui secara eksklusif akan mengalami penurunan berat badan antara 0.6 hingga 2 kilogram lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak menyusui atau menyusui, tapi tidak eksklusif.

Pantau lama menyusui

NCBI juga memaparkan, kalau menyusui selama 12 bulan atau lebih, Bunda akan mengalami penurunan berat badan yang lebih. Berbeda halnya dengan Bunda yang menyusui hanya selama 3 bulan atau kurang.

Konsumsi asupan sesuai kebutuhan

Bunda harus memperhatikan asupan sehari-hari yang dikonsumsi karena kebutuhan energi makin meningkat saat menyusui. Dikutip dari Australian Breastfeeding Association, asupan yang harus dikonsumsi antara lain sumber karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah, sumber protein seperti ikan dan telur, buah dan sayur beraneka warna, serta membatasi makanan yang tinggi gula dan lemak.

Selain itu, Bunda juga harus mengonsumsi asupan yang bisa mendukung kualitas ASI seperti nutrisi yang kaya akan DHA, asam folat, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral.

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa membantu Bunda. Suplemen ini mengandung nutrisi esensial yang lengkap demi perkembangan bayi dalam 1.000 hari pertama kehidupannya. (idr/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi