menyusui

Bunda Terserang Flu? Simak Tips Menyusui agar Si Kecil Tak Tertular

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Mar 2019 16:04 WIB
Bunda Terserang Flu? Simak Tips Menyusui agar Si Kecil Tak Tertular
Jakarta - Cuaca tak menentu rentan membuat Bunda dan keluarga terserang penyakit. Flu menjadi salah satu penyakit yang kerap menjadi langganan di musim hujan seperti ini, Bun.

Bagi ibu menyusui, flu kerap menimbulkan kegalauan. Di satu sisi, Bunda pasti tetap ingin menyusui si kecil kan? Tapi, ada kekhawatiran kalau anak bisa ikut tertular flu.

Nah, kalau sudah begini, sebenarnya boleh enggak ya Bunda tetap menyusui si kecil?



Dikatakan Jennifer Ritchie, International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC), di California, beberapa menit setelah Bunda terpapar virus dan mikroba lainnya, tubuh sebenarnya mulai memproduksi Air Susu Ibu (ASI) yang mengandung antibodi untuk melawan kuman spesifik tersebut. "ASI Bunda dirancang khusus untuk melindungi bayi,"jelas Ritchie, dikutip dari Bravado.

Meski ASI memiliki proteksi tersendiri, tak berarti Bunda boleh sembarangan dalam menjaga kesehatan ya. Cara mencegah penularan penyakit yang paling mudah, adalah dengan rajin mencuci tangan. Diimbangi dengan istirahat yang cukup, saat tubuh mulai merasakan ketidakberesan.

Melansir Parents, Catherine Dundon, MD, seorang profesor klinik pediatrik di Vanderbilt university Children Hospital, menyarankan, selama Bunda secara fisik masih kuat untuk terus menyusui dalam kondisi sakit maka aktivitas 'mengASIhi' dapat terus dilakukan.

Bunda Terserang Flu? Simak Tips Menyusui agar Si Kecil Tak TertularMenyusui saat flu/ Foto: iStock

Satu-satunya alasan ibu sakit berhenti menyusui adalah jika dia merasa terlalu buruk keadaannya untuk menyusui. Atau, jika dia minum obat yang tidak aman untuk bayinya.

Jadi nih, Bun, agar menyusui tetap aman, Bunda sebaiknya dapat melindungi bayi secara ekstra. Beberapa langkah yang bisa dilakukan selain cuci tangan sesering mungkin, sebaiknya biasakan untuk menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin. Kemudian, membuang tisu tersebut ke tempat sampah, seperti dikutip dari laman Kids Health.

Bunda juga sebaiknya membatasi kontak atau tatap muka yang terlalu dekat, dengan bayi selama tubuh kurang fit. Jangan lupa, pertimbangkan pula untuk menggunakan masker selama menyusui untuk menghindari batuk, bersin, atau bernapas langsung ke wajah bayi, Bun.


Jika Bunda merasa khawatir dengan risiko bayi terpapar penyakit karena menyusui, Bunda dapat memompa ASI dan mintalah anggota keluarga di rumah yang tidak sakit untuk memberikan ASI kepada bayi Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi