sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memilih Perlengkapan Menyusui yang Hemat Bujet

Yuni Ayu Amida Minggu, 03 May 2020 11:31 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta - Seperti Bunda ketahui, perlengkapan menyusui kadang harganya tinggi. Itu sebabnya, kita harus cermat dalam memilih perlengkapan menyusui agar tetap bisa menghemat budget.

Salah satu perlengkapan menyusui adalah pakaian menyusui. Menurut ahli Obstetri dan Ginekologi bersertifikat, Meredith Shur, MD, FACOG, saat memilih pakaian menyusui, pilihlah yang berwarna lebih gelap. Tujuannya untuk membantu menyamarkan kebocoran ASI tak terduga dari payudara.


"Jaket, rompi, dan sweater bagus untuk digunakan jika Anda perlu cepat-cepat menutupi noda. Mereka dapat berfungsi ganda sebagai penutup menyusui yang memungkinkan Anda untuk menyusui dengan lebih hati-hati juga," kata Shur, dilansir Very Well Family.


Shur menambahkan, selendang juga bisa digunakan untuk aksesori yang dapat menutupi kebocoran dan membantu memberikan privasi jika Bunda akan menyusui di tempat umum.

Selain pakaian ibu menyusui, peralatan menyusui lainnya seperti pompa ASI, botol penyimpanan ASI, dan peralatan lain, mungkin Bunda butuhkan juga. Nah, berikut ini tips memilih perlengkapan menyusui yang hemat budget, dikutip dari Mom Loves Best.

1. Evaluasi apa yang benar-benar dibutuhkan

5 Tips Memilih Perlengkapan Menyusui yang Hemat Bujet5 Tips Memilih Perlengkapan Menyusui yang Hemat Bujet/ Foto: iStock

Pikirkan secara matang tentang apa yang Bunda butuhkan untuk menyusui. Jika Bunda lebih sering diam di rumah, maka lebih baik menggunakan beberapa bra menyusui yang ada, daripada membeli koleksi bra menyusui baru yang mahal.

Pertimbangkan juga seberapa sering Bunda mencuci. Kalau bisa mencuci pakaian beberapa kali seminggu, Bunda tidak perlu pakaian terlalu banyak. Buat daftar semua hal yang dibutuhkan, termasuk bra, tank top, piyama, dan atasan, dan beli hanya apa yang ada di daftar tersebut.

2. Beli barang second hand

Barang second hand atau bekas pakai tak selamanya buruk lho, Bun. Karena perlengkapan menyusui digunakan untuk waktu singkat, biasanya perlengkapan tersebut tidak usang dan masih dalam kondisi baik saat dijual di pasar barang bekas.

Meski begitu, pilihlah tempat-tempat terpercaya dalam membeli barang second hand. Dan kabar baiknya, sudah banyak toko online barang bekas yang bisa Bunda jadikan pilihan.

3. Buat sendiri

Kalau mau kreatif, Bunda bisa membuat sendiri baju khusus menyusui. Ada banyak tutorial di internet tentang cara membuat perlengkapan menyusui seperti bra menyusui, yang bisa dijadikan contoh.

4. Manfaatkan diskon

Biasanya, beberapa toko online kerap memberikan diskon untuk peralatan ibu dan bayi di setiap bulan. Tentunya ini jadi penawaran menarik yang bisa Bunda gunakan, yang juga bisa menjadi cara untuk berhemat. Pantau pula tanggal-tanggal khusus, barangkali ada diskon lebih besar yang toko online tawarkan.

5. Pinjam dari saudara atau teman

Jika ada teman atau saudara yang pernah menyusui sebelumnya dan saat ini sudah tidak menyusui lagi, tanyakan apakah Bunda bisa meminjam beberapa barangnya.

Perlu diingat, sesama ibu yang memiliki bayi mesti saling membantu. Karena nantinya dia juga bisa mengandalkan Bunda, bila ada perlengkapan persalinan, menyusui, atau perlengkapan bayi yang tidak ingin dia beli dan berencana meminjam.


Simak juga tips menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi