menyusui

Pijat Oksitosin, Pijat Punggung untuk Melancarkan ASI Bunda

Zika Zakiya Selasa, 26 Mar 2019 18:05 WIB
Pijat Oksitosin, Pijat Punggung untuk Melancarkan ASI Bunda
Jakarta - Tips melancarkan ASI bisa dimulai dengan sesederhana pijatan di punggung Bunda. Pijat punggung ini akan membuat Bunda merasa relaks, bahagia, dan karena itulah disebut juga sebagai pijat oksitosin. Istilah pijat oksitosin ini diambil dari nama hormon yang membuat seseorang gembira.

Dilansir Medical News Today, oksitosin diasosiasikan dengan empati, rasa percaya, kegiatan seksual, dan hubungan interpersonal dengan mereka yang Bunda sayang. Dampak dari kehadiran hormon ini pun berkembang hingga ke perilaku seseorang secara sosial dan emosional.


Saat hormon ini diproduksi di bagian otak bernama hipotalamus, puting akan terstimulasi dan merangsang kelancaran ASI. Dikutip dari program Dr.Oz Indonesia, pijat oksitosin ini dilakukan di sepanjang tulang belakang.

"Kehadiran oksitosin dapat memberi stimulasi saat persalinan, juga pada puting saat proses menyusui. Sekaligus berperan pada produksi susu dan hubungan dengan sayang bayi," demikian penjelasan dari program Dr.Oz Indonesia.

Ilustrasi ASI lancarIlustrasi ASI lancar Foto: thinkstock

Pijat oksitosin juga memperlancar aliran darah, mengurangi rasa nyeri, dan meredakan ketegangan pada otot dan saraf. Jika Bunda ingin melakukan pijat ini, berikut hal yang harus dilakukan;

1. Posisikan tubuh pada posisi duduk, bersandar ke depan, sambil memeluk bantal.

2. Tempatkan diri senyaman mungkin dan letakkan meja di depan Bunda untuk tempat bersandar.


3. Pijat kedua sisi punggung dengan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.

4. Kemudian, pijat sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas dada, dari leher sampai ke tulang belikat.

5. Lakukan selama 2 - 3 menit.


6. Hal terpenting, pijatan ini harus dilakukan dengan penuh kasih sayang agar produksi ASI bisa lebih lancar.

7. Konsultasikan juga dengan dokter atau konselor laktasi gerakan pijat ini supaya hasilnya maksimal.

Untuk lebih jelasnya mengenai pijatan oksitosin, Bunda bisa simak video tutorialnya berikut. Semoga bisa membantu melancarkan ASI ya.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi