menyusui

3 Tips Mempersiapkan Busana agar Menyusui Jadi Lebih Praktis

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 05 Apr 2019 19:30 WIB
3 Tips Mempersiapkan Busana agar Menyusui Jadi Lebih Praktis
Jakarta - Saat menyusui, Bunda membutuhkan kenyamanan ekstra agar tidak mengganggu si kecil. Seperti misalnya siapkan bantal menyusui atau sofa khusus yang empuk, agar punggung tidak mudah pegal.

Tak kalah penting, baju yang dikenakan Bunda juga harus nyaman ya jadi dapat menyusui dengan praktis. Melansir Milk and Love, sejak masa kehamilan Bunda disarankan untuk membeli pakaian hamil yang berkualitas baik dan memiliki akses menyusui dengan mudah. Sehingga, baju tersebut masih bisa dikenakan setelah melahirkan, Bun.


Untuk lebih memudahkan mempersiapkan busana setelah melahirkan, intip tips di bawah ini ya, Bun.


1. Breastfeeding friendly

Baju yang didesain dengan kancing depan akan membuat aktivitas menyusui jadi lebih praktis. Kini, banyak desainer menawarkan baju dengan desain breastfeeding friendly. Enggak harus kancing depan, jadi Bunda bisa tampil lebih stylish dengan baju yang memiliki lubang di bagian samping payudara.

2. Lembut dan menyerap keringat

Bunda sebaiknya memilih baju bermaterial lembut. Hindari membeli busana dengan kain sintetis seperti bahan polyester yang cenderung membuat gerah saat dipakai. Apalagi nih Bun, masa-masa kehamilan dan menyusui biasanya suhu di tubuh Bunda akan terasa meningkat. Jadi bawaannya akan lebih gerah dari biasanya. Bunda membutuhkan busana dengan material yang nyaman untuk menyerap keringat.

3. Bra menyusui

Tak kalah penting, Bun, persiapkan bra menyusui yang nyaman dikenakan. Sebab, bra yang tidak pas dapat memberikan tekanan pada saluran ASI Bunda dan menyebabkannya tersumbat serta menyebabkan peradangan pada payudara, seperti dikutip dari laman Consumerrepots.

Oh ya, Bun, sebaiknya Bunda juga mempersiapkan bra menyusui dengan ukuran yang tepat. Untuk memudahkan Bunda mendapatkan bra menyusui yang nyaman, cobalah untuk membelinya satu terlebih dahulu. Ketika sudah menemukan yang pas, barulah Bunda dapat membelinya lebih banyak.

3 Tips Memilih Busana Menyusui agar Lebih Nyaman dan PraktisBaju menyusui/ Foto: iStock

Jan Barger, seorang konsultan laktasi di Chicago merekomendasikan untuk tidak membeli lebih dari satu bra menyusui sebelum bayi Bunda lahir. Sebab, ukuran payudara bisa lebih besar setelah bayi lahir dan ASI terproduksi penuh.

Menggunakan bra menyusui, sambung Barger, sangatlah penting terutama untuk menghindari kebocoran dan melindungi puting jika merasa sakit selama menyusui. Untuk itu, Barger merekomendasikan untuk mendapatkan bra yang mudah digunakan.

"Membeli sport bra yang sangat nyaman untuk minggu-minggu pertama dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari yang dikenakan sekarang, sehingga dapat ditarik dengan mudah,"katanya .

Setelah Bunda terbiasa menyusui dan merasa lebih nyaman, ukuran payudara pun lebih mudah ditentukan. "Inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan bra menyusui yang bagus,"ujar Barger.


Nah, bagaimana Bun, apakah sudah mempersiapkan perburuan untuk mencari item fashion yang mendukung masa-masa menyusui? Selamat berburu, Bun.

Bunda, perhatikan juga yuk, jenis-jenis puting yang membuat menyusui terganggu pada video di bawah ini!

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi