sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tips Penting Saat Membeli Bra Menyusui, Pilih yang Elastis Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 09 May 2021 09:07 WIB
A portrait of a beautiful young Caucasian mother breastfeeding her adorable baby girl while working on a laptop in a kitchen at home. caption

Jakarta - Saat memiliki buah hati, biasanya fokus Bunda langsung beralih pada berbagai keperluan si kecil. Bahkan, Bunda sampai mengabaikan berbagai kepentingan untuk dirinya sendiri. Terkadang, pernik kecil seperti bra menyusui pun jadi lupa disiapkan.

Bra menyusui memang menjadi hal penting yang perlu Bunda persiapkan. Ini merupakan investasi jangka panjang selama Bunda menjalani proses menyusui buah hati.

Sayangnya, seringkali banyak Bunda di luar sana tidak menjadikan hal ini sebagai prioritas. Sehingga, seringkali bra menyusui tidak tersedia atau asal membeli sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya.


Melansir Kindredbravely, bra menyusui yang baik sebaiknya dipilih yang dibuat dari bahan lembut, elastis, tidak abrasif, dan dapat digunakan dengan mudah melalui satu akses tangan saja.

Biasanya, banyak Bunda melakukan kesalahan umum saat membeli bra menyusui. Umumnya, mereka belanja terlalu cepat sehingga tidak memprediksi bagaimana payudara Bunda akan merespons ketika menyusui. Padahal, setiap kehamilan berbeda dan Bunda mungkin akan mengalami perubahan dalam ukuran cup bra.

Seringkali, sebagian Bunda juga kerap menyamakan bra saat kehamilan dan menyusui. Padahal, keduanya memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaannya ialah, bra menyusui dilengkapi dengan bukaan khusus untuk akses menyusui yang cepat dan mudah.

Konsultan laktasi di Burlington, Ontario, Attie Sandinks mengatakan, seringkali para Bunda membeli bra menyusui yang tidak memiliki penyangga yang tepat saat payudara Bunda paling membutuhkannya.

"Hal tersebut tentu menciptakan ketidaknyamanan. Paling buruk, bra yang tidak pas dapat menyebabkan berbagai masalah menyusui mulai dari infeksi jamur dan lecet pada puting hingga saluran susu yang tersumbat serta risiko mastitis,"ujarnya.

Nah, agar Bunda terhindar dari beberapa hal tersebut, ikuti yuk tips saat membeli bra menyusui berikut, seperti dikutip dari laman Todaysparent:

1. Dapatkan ukuran yang pas

Jika Bunda menginginkan lebih banyak penyangga atau ukuran yang lebih pas, tentukan ukuran bra oleh seorang profesional di toko khusus. Bunda dapat melakukan sebelumnya yakni sekira usia 36 minggu kehamilan. Cara lainnya, kenakan bra yang lebih lembut untuk dua bulan pertama agar Bunda tidak membeli bra menyusui yang akhirnya menjadi kebesaran.

Simak informasi lebih lengkap di halaman selanjutnya!

Simak juga yuk cara menyusui yang benar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PENTING SAAT MEMBELI BRA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi