menyusui

Ciptakan Bonding dengan Si Kecil Lewat Aktivitas Menyusui

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Apr 2019 11:33 WIB
Ciptakan Bonding dengan Si Kecil Lewat Aktivitas Menyusui
Jakarta - Periode emas atau 1.000 hari pertama kehidupan adalah periode yang istimewa untuk kesehatan, pertumbuhan, dan pengembangan saraf yang optimal bagi anak. Untuk itu Bunda harus memberi perhatian khusus pada anak dimulai dari lahir ya.

Menurut dr.Utami Roesli, SpA, dari Rumah Sakit St. Carolus, peran orang tua sangat penting selama periode emas bayi. Periode ini adalah fondasi yang menentukan tumbuh kembang bayi sampai dewasa.

"Pada 1.000 hari kehidupan, otak bayi berkembang paling cepat, selain itu usus juga berkembang dan menguat," kata wanita yang akrab disapa Tami ini dalam acara Media Briefing dan Pijat Bayi Johnson's Sentuhan Cinta, di RS St. Carolus, Senen, Jakarta Pusat, baru-baru ini.



Pada periode ini orang tua juga harus mengoptimalkan kesehatan anak agar mereka hidup sehat secara fisik dan mental. Salah satu cara mengoptimalkannya, kata Tami, dengan membangun ikatan bonding dengan anak melalui kontak kulit ke kulit (skin to skin contact).

"Kontak fisik seperti kontak kulit dapat membangun ikatan emosional pada bayi dan ibu. Misalnya saat menyusui, selain untuk merangsang indra anak, juga baik untuk perkembangan dan kesehatan si kecil," ujar Utami.

Kontak kulit saat menyusui dapat memberikan rasa nyaman pada anak. Dengan perasaan nyaman ini, kualitas tidur akan baik dan meningkatkan hormon endokrin pada keduanya.

"Hormon endokrin jika meningkat pasti stres akan menurun. Ibu jadi lebih bahagia, anak juga bahagia, perkembangannya jadi baik karena menerima langsung ASI dan bonding dengan ibu terjalin," tutur Utami.


Utami menambahkan pentingnya melakukan stimulasi lain selain kontak kulit ke kulit saat menyusui. Misalnya, dengan melakukan pijatan-pijatan yang baik untuk meningkatkan kesehatan anak.

"Dengan melakukan pijatan saat menyusui, bisa memperlancar peredaran darah dan pencernaan anak," tutup Utami.

Nah, mudah kan, Bun? Dengan menyusui saja tanpa disadari bonding Bunda dengan si kecil bisa terjalin.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi