menyusui

Mengulik Rasa ASI Sesungguhnya

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 03 May 2019 19:30 WIB
Mengulik Rasa ASI Sesungguhnya
Jakarta - Banyak Bunda yang penasaran dengan rasa Air Susu Ibu (ASI) sesungguhnya. Ada yang bilang, rasanya cenderung manis. Lantas, ada enggak sih Bunda yang sudah pernah mencicip ASI langsung?

Bagi para Bunda menyusui mungkin lebih hafal ya bagaimana rasa ASI. Apalagi seringkali ASI yang terlalu penuh kerap muncrat ke wajah sehingga tidak terasa Bunda pun ikut merasakannya. Nah, benar enggak sih Bun kalau rasanya manis?


Melansir Health Line, rasa ASI yang dihasilkan para ibu menyusui memang lebih lembut dan lebih manis dibandingkan susu sapi. ASI memiliki aroma khas yang terkadang seperti aroma sabun dari pengaruh tingkat lipase yang tinggi. Lipase adalah suatu enzim yang membantu memecah lemak.


Dalam hal kekentalan, ASI biasanya cenderung lebih ringan atau lebih encer, Bun, ketimbang susu sapi. Sehingga, ASI kerap terlihat seperti terlalu encer. Tetapi jangan khawatir, walau tampak encer, ASI yang manis dan lembut sangatlah bergizi karena mengandung air, lemak, protein, dan nutrisi yang dibutuhkan bayi selama masa pertumbuhan.

"ASI mengandung hormon pertumbuhan untuk perkembangan anak, dan juga sifat anti infeksi untuk melindungi bayi yang rentan dari penyakit yang diderita anak,"kata Julie Bouchet - Horwitz, FNP-BC, IBCLC, Executive Director di New York Milk Bank.

Mengulik Rasa ASI SesungguhnyaRasa ASI yang sesungguhnya/ Foto: iStock

Berbicara kembali soal rasa manis dan tekstur yang lembut pada ASI nih, Bun, ternyata ASI memang mengandung gula susu laktosa. Laktosa bukan jenis gula termanis tetapi dengan keberadaan laktosa pada ASI, hal itulah yang membuat rasa manisnya pada ASI jauh lebih besar. Sebab, laktosa merupakan salah satu bahan utama dalam ASI yang muncul dalam konsentrasi tinggi sehingga memberikan rasa manis pada ASI, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Perlu Bunda tahu juga, ternyata rasa ASI dipengaruhi makanan yang Bunda konsumsi setiap hari lho. Misalnya, ketika Bunda makan makanan yang seimbang seperti buah dan sayuran, maka buah hati pun akan turut merasakan rasa makanan sehat ini, Bun.


Ketika anak yang disusui mulai mengonsumsi makanan padat, para ahli percaya bahwa mereka akan lebih siap menerima makanan yang sudah Bunda perkenalkan melalui ASI Bunda. Dengan cara ini, anak Bunda pun dapat mengenal berbagai rasa pada banyak makanan yang dinikmatinya. Bahkan, bawang putih, makanan pedas, atau hidangan lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan, Bun, bagaimana sebenarnya rasa ASI yang Bunda produksi untuk buah hati? Tetap semangat mengASIhi ya, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi