menyusui

Penyebab Cemas & Rasa Bersalah Sering Hantui Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 01 May 2019 17:30 WIB
Penyebab Cemas & Rasa Bersalah Sering Hantui Ibu Menyusui
Jakarta - Bubun sering banget merasa cemas tiba-tiba saat menyusui si kecil. Awalnya sih merasa aneh, tapi ternyata Bubun enggak sendirian lho.

Ada banyak Bunda menyusui yang merasakan hal sama. Perasaan ibu menyusui kerap tak karuan seperti cemas, gelisah, dan marah bisa datang seketika.


Tidak jarang, perasaan tersebut membuat Bunda terjebak di dalamnya dan tiba-tiba timbul keinginan untuk berhenti menyusui. Bagi Bunda yang merasakan kondisi tersebut, seringkali merasa bersalah karena merasa tidak mencintai ASI.


Alicia H. Clark, Psy.D, seorang psikolog klinik berlisensi mengatakan bahwa kecemasan tersebut memang kerap dialami para Bunda menyusui dan dapat memicu kehadiran depresi jika tidak segera mendapatkan penanganan.

"Jika tidak ada yang dapat Bunda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut atau Bunda merasa tidak ada yang dapat Bunda lakukan untuk menyelesaikannya, perasaan putus asa akan menyelimuti Bunda,"katanya dikutip dari Self.

Penyebab Cemas & Rasa Bersalah Sering Hantui Ibu MenyusuiPerasaan bersalah saat menyusui/ Foto: iStock

Mengingat kondisi itu cukup serius jadi tidak boleh dibiarkan begitu saja, Bun. Bunda harus segera cari bantuan untuk meredakan gejala tersebut. Bunda dapat membicarakan kekhawatiran Bunda sama Ayah atau teman untuk meluapkan perasaan 'nano-nano' tersebut.

Melansir Mother Love, kehadiran perasaan negatif yang kerap dirasakan ibu menyusui biasanya terkait dengan siklus hormonalnya. Menemukan pola atau jadwal siklus hormonal Bunda dapat membantu meredakan situasi tersebut, Bun.

Oh ya, Bun, mencatat siklus hormonal dalam buku harian juga menjadi ide bagus agar ingat kapan siklus tersebut datang. Bunda pun dapat menyertakan catatan berapa lama hal tersebut terjadi dan mencatat pengalaman yang terjadi selama siklus tersebut.


Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut tentunya Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan serangkaian tes dan mendapatkan treatment tepat untuk mengatasi permasalahan yang Bunda hadapi.

Semoga membantu ya, Bun!

Simak juga yuk, tips meningkatkan produksi ASI lewat video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi