menyusui

Pemberian ASI Perah Bikin Bayi Menolak Menyusu di Payudara?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 26 Jul 2019 07:01 WIB
Pemberian ASI Perah Bikin Bayi Menolak Menyusu di Payudara?
Jakarta - Banyak cara dilakukan Bunda agar anak mendapatkan ASI eksklusif. Bagi Bunda yang bekerja, memompa ASI menjadi solusi agar nutrisi bayinya tetap tercukupi.

Tapi masalah enggak selesai begitu saja, Bun. Beberapa bayi yang telah terbiasa mendapatkanĀ ASI perah (ASIP) terkadang malah jadi menolak ketika disusui secara langsung (direct breastfeeding).

Melansir Parents, anggapan bahwa bayi yang diberikan ASI perah akan menolak menyusu dari payudara hanya sebuah mitos. Sebab, sebagian besar bayi beralih dari menyusu langsung di payudara dan juga botol tanpa masalah.


"Selama Bunda menunggu bayi hingga mereka menguasai menyusui (biasanya sekitar enam minggu) sebelum menawarkannya dari botol, dan bayi bersedia untuk bolak balik, maka tidak ada masalah dengan peralihan tersebut," ujar Wendy Haldeman, R.N, M.N, seorang konsultan laktasi di Santa Monica, California.

Pemberian ASI Perah Bikin Bayi Menolak Menyusu di Payudara?ASI perah untuk bayi/Foto: Thinkstock

Berbicara soal penolakan bayi untuk menyusu langsung dari payudara, tidaklah semua disebabkan karena kebiasaan minum ASIP dari botol. Sebab, terkadang bayi bukannya menolak untuk disusui melainkan rewel atau sedang malas minum. Bayi memiliki kebiasaan masing-masing yang berbeda satu sama lain ketika menyusu, seperti dikutip dari laman Belly Belly.

Ada bayi yang dapat menyusu dengan baik, ada yang merasa puas sampai menyusu berikutnya, dan masih banyak alasan lainnya. Sementara bayi lainnya membutuhkan waktu agak lama untuk mulaiĀ menyusu dengan baik. Untuk itu, penolakan menyusu yang dilakukan bayi tidaklah dikarenakan botol susu tersebut ya, Bun.

Menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya Bunda menyusui sesuai kebutuhan mereka. Waktu terbaiknya ialah ketika mereka sudah siap untuk menyusu dan mereka menunjukkan isyarat ingin menyusu. Dengan pemberian jadwal menyusui sesuai jadwal, bayi akan lebih siap dan cenderung tidak rewel atauĀ menolak menyusu serta membantu memastikan mereka mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Semoga membantu, Bun.

Beritahu Ayah yuk, peran penting suami untuk dukung Bunda lancar menyusui dengan menyaksikan tayangan berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi