menyusui

Penyebab Momen Menyusui Pertama Kali Terasa Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Jul 2019 17:31 WIB
Penyebab Momen Menyusui Pertama Kali Terasa Sakit
Jakarta - Menyusui anak untuk yang pertama kalinya, tentu menjadi momen yang mengharukan untuk seorang ibu. Tapi, enggak bisa dipungkiri kalau hisapan bayi untuk pertama kali membuat puting terasa sakit.

Ada yang bilang puting terasa sakit karena lidah bayi masih kasar, Bun. Menurut ulasan Sleepingshoulbeeasy, rasa sakit tersebut merupakan hal yang wajar dan akan berangsur hilang dengan sendirinya.

Secara umum, mayoritas para ibu berkurang rasa sakitnya setelah menyusui dua minggu. Saat itulah, akan terlihat perbedaan drastis antara hari-hari pertama menyusui yang dianggap mengerikan, dan berganti dengan menyusui dengan nyaman. Beberapa ibu mungkin akan merasakan sedikit rasa sakit tetapi tidak sesakit seperti di awal-awal sebelumnya.


Rasa sakit di awal menyusui, biasanya memang disebabkan beberapa faktor, Bun. Bagi banyak ibu, rasa sakit yang muncul biasanya disebabkan posisi pelekatan saat menyusui yang kurang tepat. Untuk itu, dibutuhkan latihan dan pengalaman agar posisi menyusui benar, dan membuat kenyamanan pada proses menyusui.

Penyebab Momen Menyusui Pertama Kali Terasa SakitRasa sakit di awal menyusui/ Foto: iStock
Melansir The Bump, menyusui seharusnya tidaklah menyakitkan. Sebab, ketika bayi mendapatkan posisi pelekatan yang baik ketika menyusui, rasa sakit tersebut tidak akan muncul.

"Jadi pastikan bayi Bunda melekat erat pada payudara sehingga pipi dan dagunya terlihat melekat dengan mulus pada payudara. Pastikan sampai Bunda tidak dapat melihat bibirnya. Itulah posisi yang seharusnya membuat nyaman," ujar Tamara Hawkins, konsultan laktasi IBCLC.

Pelekatan yang baik, didukung dengan cara bayi membuka mulut lebar-lebar sehingga dapat mengosongkan saluran susu secara efektif di sekitar puting.

Jadi, ketika bayi hanya terpaku pada puting semata, kemungkinan hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit dan bayi tidak akan sepenuhnya mengosongkan payudara. Artinya, bayi tidak akan mendapatkan makanan yang baik dan tubuh Bunda tidak mengirimkan sinyal ke payudara untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

Nah, sudah tahu kan, Bun, penyebab rasa sakit di awal-awal menyusui. Yuk, terapkan posisi pelekatan saat menyusui dengan benar sehingga rasa sakit dapat diminimalisir. Selamat mencoba, Bun.

Simak juga tips Nadia Mulya sukses menyusui secara eksklusif, dalam tayangan video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi