menyusui

Benarkah Jumlah ASI Menyusut Ketika Anak Berusia Lebih dari Setahun?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 25 Nov 2019 20:46 WIB
Benarkah Jumlah ASI Menyusut Ketika Anak Berusia Lebih dari Setahun?
Jakarta - Banyak ibu merasa ASI menyusut saat anak sudah berusia satu tahun ke atas. Padahal kan, semakin besar anak akan butuh lebih banyak nutrisi ya, Bun.

Kondisi tersebut membuat para ibu merasa stres, hingga ingin berhenti menyusui. Itu sebabnya, beberapa ibu akhirnya memutuskan untuk menyapih anak lebih cepat dari seharusnya.


Berbicara mengenai pasokan ASI, sesungguhnya ASI akan mengikuti kebutuhan setiap bayi. Formula demand and supply merupakan ritme dari produksi ASI setiap ibu. Sehingga, walaupun beranjak satu tahun lebih usia anak, produksi ASI tetap akan mengikuti kebutuhan mereka. Makin sering diisap bayi, maka ASI tetap akan berproduksi mengikuti kebutuhan yang diperlukan, Bun.


WHO sendiri merekomendasikan pemberian ASI sebaiknya menunggu hingga bayi berusia dua tahun atau lebih. Sehingga, tidak ada salahnya bagi Bunda untuk terus menyusui hingga anak berusia dua tahun.

"Pada usia dua tahun, seorang anak harus mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan sehingga tidak ada manfaat tambahan untuk menyusui di atas usia ini," ujar Dr Max Davie dari Royal College of Pediatrics and Child Health, seperti dikutip dari laman BBC.

Benarkah Jumlah ASI Menyusut Ketika Anak Berusia Lebih dari Setahun?Pasokan ASI menyusut/Foto: iStock

Tetapi, adakalanya sebagian ibu merasa ASI-nya kurang maksimal ketika anaknya mencapai usia satu tahun. Sehingga, mereka pun memutuskan untuk berhenti memberikan ASI pada anaknya.

Padahal, pemberian ASI harusnya tetap dapat dilakukan meskipun sang ibu beraktivitas sekalipun. Tak perlu disapih terburu-buru, seorang ibu dapat memerah ASI-nya disela-sela kegiatannya. Bahkan, cara ini dapat menjadi pilihan yang baik dalam mempertahankan keintiman dengan buah hati, seperti dikutip dari laman Medela.


Jika Bunda merasa pasokan ASI berkurang ataupun terhambat, solusi terbaiknya ialah berkonsultasi pada dokter ataupun pakar laktasi. Dengan begitu, Bunda mendapatkan solusi terbaik untuk tetap menyusui meskipun berbagai kendala mungkin muncul selama menyusui.

Nah, tidak ada alasan untuk mengakhiri pemberian ASI sebelum anak beranjak dua tahun bukan, Bun? Semangat mengASIhi, Bun!

Masalah menyusui juga sempat dialami Tasya Kamila sampai pernah menyalahkan dirinya sendiri. Simak cerita lengkapnya di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi