menyusui

Ibu Menyusui Suka Camilan Mengandung Micin, Adakah Dampaknya?

Asri Ediyati Minggu, 24 Nov 2019 07:30 WIB
Ibu Menyusui Suka Camilan Mengandung Micin, Adakah Dampaknya?
Jakarta - Sedari dahulu hingga kini micin atau monosodium glutamat (MSG) masih eksis di dunia kuliner. Apalagi sekarang banyak sekali jajanan yang mengandung micin. Nah, apakah ibu menyusui aman konsumsi micin?

Sebelumnya kita perlu tahu dahulu apa itu MSG. Ini adalah garam natrium dari asam glutamat, asam amino non-esensial yang sangat melimpah di alam. MSG ditemukan secara alami dalam banyak makanan dan digunakan sebagai penambah rasa kuliner.


MSG awalnya banyak digunakan dalam masakan China. MSG sendiri ternyata adalah salah satu neurotransmiter utama di otak. Dalam penelitian Williams 2009, MSG dapat ditoleransi baik dan tidak ada bukti yang dapat dipertanyakan yaitu reaksi anafilaksis.


Bagaimana dengan ibu menyusui? Boleh makan micin? Kabar baik ternyata, micin atau MSG ini sebenarnya aman untuk ibu menyusui dan bayi. American Academy of Pediatrics (AAP) menemukan bahwa MSG tidak memiliki efek pada laktasi dan tidak menimbulkan risiko pada bayi. Faktanya, glutamat berperan penting saat menyusui bayi, karena ASI mengandung sekitar 10 kali lebih banyak glutamat daripada susu sapi. Demikian dikutip dari MSG Facts.

Para ilmuwan tersebut telah menyelidiki efek konsumsi MSG pada bayi menyusu dan ibu menyusui. Pada wanita menyusui yang mengonsumsi MSG 100 mg / kg berat badan, para peneliti tidak menemukan peningkatan kadar glutamat dalam ASI, dan tidak berpengaruh pada asupan glutamat bayi.

Sementara itu, dilansir e-lactation, MSG tergolong zat yang amat berisiko rendah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di 2016, asam glutamat dan glutamat ditemukan dalam ASI dalam jumlah yang signifikan dan ini dapat bervariasi dari satu ibu ke ibu. Namun ada perdebatan mungkin MSG memiliki efek mengatur nafsu makan bayi.

MSG dianggap tak memiliki efek berbahaya jika dikonsumsi tidak berlebihan. Hanya sebagai bumbu kuliner saja. Nah, di samping MSG, kadar garam harus diperhatikan nih. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh kita menahan air.

"Air ekstra membuat ginjal Anda bekerja lebih keras, dan seiring waktu itu dapat menyebabkan pembengkakan dan tekanan darah tinggi," demikian ditulis di laman Very Well Family.

Jadi jangan terlalu berlebihan konsumsi sesuatu saat menyusui ya, Bunda.

Ibu Menyusui Suka Camilan Mengandung Micin, Adakah Dampaknya?

Simak penjelasan dokter tentang perlengkapan wajib ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi