menyusui

Ibu Menyusui Mewarnai Rambut, Berpengaruhkah pada ASI?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 04 Dec 2019 08:20 WIB
Ibu Menyusui Mewarnai Rambut, Berpengaruhkah pada ASI? ilustrasi ibu menyusui mengecat rambut/ Foto: iStock
Jakarta - Tren mewarnai rambut bisa menarik bagi ibu menyusui. Meski sedang mengASIhi si kecil, ibu menyusui juga pasti ingin tampil menarik kan. Tapi kadang, timbul keraguan dan pertanyaan bolehkah ibu menyusui mewarnai rambut?

Menanggapi hal ini, dr.Meta Hanindita Sp.A dari RSUD Dr Soetomo Surabaya menegaskan ibu menyusui boleh mewarnai rambut. Mungkin bila mewarnai rambut memakai bahan alami misalnya daun pacar, ibu tak terlalu khawatir. Tapi, gimana dengan cat rambut yang banyak dijual di pasaran?


"Senyawa kimia dalam perwarna rambut tidak memberi efek yang berbahaya bagi bayi," kata Meta dalam bukunya Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Bayi 0 - 1 Tahun.


Sementara itu, konselor laktasi Jennifer Peddlesen, menuturkan mewarnai rambut aman buat ibu menyusui. Sebab, bahan kimia dari cat rambut tidak menyerap ke ASI. Terlebih bahan pewarna cat rambut enggak terserap ke kulit kepala.

Hanya saja, yang jadi problem adalah ketika cat rambut meninggalkan bau di rambut setelah proses pengecatan. Bau yang terlalu menyengat bisa bikin ibu menyusui bahkan bayi enggak nyaman.

ilustrasi ibu menyusui mengecat rambutilustrasi ibu menyusui mengecat rambut/ Foto: iStock
Pakar kosmetik Heather Jacobson menyarankan kalau ibu menyusui khawatir saat akan mewarnai rambut, silakan memilih highlight yang mewarnai lebih sedikit rambut. Cat rambut untuk prosedur highlight, kata Jacobson relatif enggak menyentuh kulit kepala Bunda.

"Ibu juga mesti ingat bahwa pewarnaan rambut bisa membuatnya happy dan ini berpengaruh pada kondisi psikis ibu. Apalagi, bagi ibu yang baru melahirkan, pemulihan fisik dan mental bisa diatasi salah satunya dengan memanjakan diri atau melakukan hal-hal yang disukai," kata Jacobson dilansir The Bump.

Bila Bunda menjadikan mewarnai rambut rutinitas bulanan karena suka berganti-ganti warna rambut, disarankan untuk memperpanjang warna rambut yang dipilih. Jadi pewarnaan rambut enggak dilakukan terlalu sering.

Cari tahu tips atasi ketombe dengan minyak kelapa.

[Gambas:Video Haibunda]


Simak cerita liburan Raffi dan Nagita dengan klik banner di bawah ini.
Foto: InsertLive
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi