menyusui

7 Cara Meredakan Rasa Nyeri pada Puting Setelah Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 24 Oct 2019 10:06 WIB
7 Cara Meredakan Rasa Nyeri pada Puting Setelah Menyusui
Jakarta - Menyusui seharusnya memang tidak menyakitkan. Tetapi kenapa ya seringkali muncul rasa nyeri pada puting usai menyusui?

Menurut Konsultan Laktasi, Sandra Yates dari Vancouver, permasalahan pelekatan menjadi penyebab paling umum, Bun, dari kemunculan nyeri menyusui.

"Menyusui seharusnya tidak menyakitkan. Ketika itu terjadi, biasanya itu merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dan Bunda perlu menemukan cara untuk memperbaikinya," katanya dikutip dari Todays Parent.


Terutama para ibu baru biasanya akan merasakan gangguan tersebut. Dan ini merupakan hal yang normal karena sakit pada hari-hari awal atau beberapa menit pertama menyusui. Tetapi, seiring dengan peningkatan waktu menyusu bayi saat mereka bertumbuh, gangguan tersebut harus diselesaikan karena dapat menyebabkan kerusakan pada puting dan penurunan produksi ASI.

Melansir Very Well Family, meredakan nyeri menyusui dapat dibantu dengan menggunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen. Bunda juga dapat mengompres payudara untuk memungkinkan bayi Bunda mendapatkan ASI lebih cepat.

7 Cara Meredakan Rasa Nyeri pada Puting Setelah Menyusui7 cara meredakan nyeri usai menyusui/ Foto: iStock

Selain itu, cobalah teknik pernapasan relaksasi yang mungkin telah Bunda pelajari, selama kelas persiapan persalinan sebelum melahirkan. Kemudian, oleskan kompres es ke payudara untuk mematikan rasa sakit sementara di area yang terasa nyeri. Serta, Bunda juga dapat memanfaatkan rendaman kantong teh hitam dalam air hangat yang kemudian dapat dioleskan ke puting untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Jika masih belum membantu, gunakan salep menyusui tanpa resep seperti lanolin. Salep ini bagus dan aman dipakai karena tidak mengharuskan Bunda menyeka puting ketika ingin menyusui. Atau, membiarkan puting terbuka setelah menyusui juga dapat membantu meringankan rasa nyeri, Bun. Karena ASI sebenarnya juga dapat bertindak sebagai pelindung dan pelembab. Jadi, jangan usap sisa ASI dari puting setelah menyusui dimana dapat membantu melembabkan dan meredakan rasa nyeri yang muncul.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak cara membersihkan lidah pada bayi dalam tayangan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi