menyusui

Pilihan Obat untuk Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyapih Anak

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 02 Dec 2019 11:41 WIB
Pilihan Obat untuk Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyapih Anak
Jakarta - Bukan hanya momen menyusui yang butuh perjuangan, Bun. Saat menyapih, Bunda pun harus berjuang untuk menghadapi nyeri pada payudara dalam waktu lama.

Melansir Very Well Family, seringkali nyeri payudara dibarengi dengan bengkak pada payudara. Rasa sakitnya berlangsung hingga berhari-hari. Bahkan, ada yang mengalaminya hingga berminggu-minggu, dimana biasanya bergantung pada berapa lama tubuh Bunda telah menghasilkan ASI.


Umumnya, semakin lama Bunda menyusui maka semakin lama waktu untuk mengeringkan ASI. Artinya, kondisi nyeri yang Bunda rasakan pun akan lebih lama untuk menghilang.


Melansir Raising Children, ketika berhenti menyusui dengan cepat, payudara mungkin akan penuh dengan ASI dan menjadi sangat tidak nyaman. Bunda pun mesti berhati-hati dengan payudara yang mengencang tersebut.

Pilihan Obat untuk Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyapih AnakObat untuk payudara bengkak/Foto: iStock

Sebab, setelah bayi berhenti menyusui, seringkali Bunda mengalami payudara yang begitu kencang selama 5-10 hari. Selain itu, kemunculan benjolan menjadi pertanda bahwa ada saluran yang tersumbat atau mastitis yang Bunda rasakan.

Jika ini terjadi, cobalah memijatnya atau mengeluarkan sedikit ASI dengan cara diperah menggunakan tangan atau pompa ASI. Hal ini akan membantu mengurangi payudara yang membengkak dan penuh.

"Bukan hal aneh bagi payudara untuk terus memproduksi ASI untuk sementara waktu, bahkan dengan penyapihan bertahap yang dilakukan. Ini tentu akan menyebabkan sedikit pembengkakan dan rasa nyeri yang membuat Bunda tidak nyaman untuk jangka waktu tertentu. Tetapi, secara bertahap rasa tidak yaman tersebut akan menghilang," ujar Jan Barger, RN, MA, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Baby Center.

Dalam menghadapi ketidaknyamanan tersebut, Bunda memang harus bersabar. Jika merasa tidak nyaman terus menerus, Bunda dapat mengonsumsi asetaminofen atau ibuprofen sebagai obat penghilang rasa nyeri dimana dapat membuat Bunda lebih nyaman.


Pastikan juga bahwa Bunda tidak mengalami infeksi payudara yang membuat rasa sakit yang Bunda rasakan. Periksalah selalu payudara apakah ada benjolan atau area yang lunak. Jika Bunda menderita lebih dari salah satu tersebut, dan mudah terserang flu atau menjadi demam dengan suhu yang tinggi, segera memeriksakan diri ke dokter ya, Bun.

Semoga membantu, Bun!

Cerita Eriska Rein menyusui anak cukup membutuhkan perjuangan, Bun, simak kisah di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi